Breaking News
Home / Warta / Politik / Maruarar: Sosok Jokowi-JK Saling Melengkapi
foto: Istimewa
foto: Istimewa

Maruarar: Sosok Jokowi-JK Saling Melengkapi

JAKARTA, WOL – Politikus PDI Perjuangan yang dikenal dekat dengan Jokowi dan JK, Maruarar Sirait, mengatakan bahwa Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) merupakan dua pemimpin dengan karakter yang saling melengkapi.

Maruarar menjelaskan, Jokowi memulai karir politik dengan menjadi Wali Kota Solo. Dengan poisisi tersebut Jokowi terus berhubungan baik dengan masyarakat, TNI dan Polri hingga akhirnya. Jokowi berhasil mengatasi persoalan di daerah.

Dia mengatakan, modal tersebut dilanjukan Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta yang tetap menjaga hubungan baik dengan semua pihak. Dengan hubungan tersebut menjadi modal Jokowi saat menjadi Presiden Indonesia hingga akhirnya bisa menjadi pemimpin di level dunia.

“Dengan perjalanan seperti itu, maka Jokowi hadir sebagai politisi yang sangat matang dan komprehensif. Value dasar Jokowi adalah persatuan, stabilitas mamun tetap demokratis. Jokowi tak senang dengan kegaduhan. Value dasar Jokowi adalah harmoni dan toleransi,” ungkap Maruarar di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (5/10).

Dia mengatakan, Jokowi juga bisa menerapkan politik bebas aktif dengan membangun hubungan baik dengan negara-negara besar seperti Timur Tengah, China, Korea, Amerika Serikat dan Rusia. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan ke negara-negara tersebut maupun jumlah penerimana perwakilan dari negara tersebut.

“Dalam hal krisis kemanusiaan Rohingya, Indonesia mendapat apresiasi dari Sekjen PBB Antonio Guterres. Indonesia jelas beraksi secara nyata, dengan ragam bantuan. Dalam aksi internasional juga, Indonesia mendapat apresiasi dari Menlu Yordan dalam perjuangan kemerdekaan Palestina,” ungkap Maruarar.

Maruarar menilai, sosok Wapres Jusuf Kalla bisa melengkapi Jokowi karena JK adalah sosok politisi senior yang punya pengalaman panjang sebagai pengusaha dan birokrat, juga berpengalaman komunikasi dan begerak aktif di dunia sosial keagamaan.

“Karakter Jokowi yang tenang dan Pak JK yang suka terobosan benar-benar saling melengkapi. Keduanya pun dipilih secara sah dan konstitusional. Makanya jangan ada pihak yang mau mengadu domba mereka,” tegas Maruarar.

Dengan karakter yang saling melengkapi ini, Maruarar memastikan Indonesia akan selalu dipandang didunia internasional. Bahkan Maruarar pun balas bercanda. “Pada waktunya mungkin Jokowi yang akan minta kenakalan JK demi persatuan bangsa,” kata Maruarar sambil tersenyum.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sempat berkelakar bahwa Indonesia kurang dipandang dunia karena Presiden Joko Widodo kurang nakal dalam pergaulan internasioal. Jokowi juga kurang keras di panggung-panggung internasional.

Demikan candaan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menyampaikan sambutan dalam acara Pidato Peradaban CDCC di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (4/10/2017). (inilah/ags)

Check Also

WOL Photo

Kunjungi Pengungsi Sinabung, Ini Kata Presiden Jokowi

SIOSAR, WOL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi pengungsi bencana Gunung Sinabung di Siosar, ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.