Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Mantan Ketua Dewan Pers Minta Pasal yang Ganggu Kebebasan Pers Ditiadakan
Mantan Ketua Dewan Pers Bagir Manan (Foto: Badriyanto/Okezone)

Mantan Ketua Dewan Pers Minta Pasal yang Ganggu Kebebasan Pers Ditiadakan

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Mantan Ketua Dewan Pers Bagir Manan meminta para pembuat undang-undang baik itu Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) maupun Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) agar meniadakan rumusan pasal yang berpotensi mengancam kebebasan pers.

Bagir mengatakan, apabila menganggap pers sebagai pengganggu yang merendahkan kehormatan para pejabat sebaiknya pejabat itu yang introspeksi diri memperbaiki citranya. Pasalnya, selama ini pers memberitakan seusai dengan fakta yang ada.

“Kita lebih mendorong agar para pejabat atau lembaga-lembaga negara yang konsen terhadap kemungkinan terganggu oleh sikap pers, lebih baik mereka membangun diri dalam bentuk menengakkan kehormatannya sendiri,” kata Bagir di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018).

Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) itu menegaskan, apabila para pejabat atau lembaga negara menjaga integritasnya, menjunjung tinggi etikanya dalam pekerjaannya untuk kepentingan bangsa dan negara maka dengan sendirinya citra akan melejit.

Dengan kata lain, lanjut dia, jangan beri kesempatan atau celah kepada para wartawan untuk membeberkan keburukannya yang berakibat menurunkan citra mereka sendiri.

“Saya yakin kalau hal itu yang selalu dikedepankan oleh beliau-beliau itu kehormatan mereka akan tinggi dan kita akan sangat menghormati mereka,” tandasnya.

Check Also

Pemerintah Didesak Bentuk UU Perlindungan Aparat

JAKARTA, Waspada.co.id – Anggota Komisi Hukum DPR Nasir Djamil mengingatkan pemerintah agar berinisiatif membentuk Undang-undang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: