Home / Warta / Mancanegara / Myanmar Miliki 2 Wakil Presiden
Istimewa

Myanmar Miliki 2 Wakil Presiden

NAY PYI TAW ,WOL –  Htin Kyaw dari partai Liga Myanmar Nasional untuk Demokrasi (NLD), yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi, memenangkan pemilihan presiden Selasa melalui pemungutan suara secara rahasia, sehingga menjadi presiden baru negara itu untuk berikutnya lima tahun.
Htin Kyaw menang melawan dua calon presiden lainnya – U Myint Swe dicalonkan oleh militer dan U Henry Van Htee Yu oleh NLD, dengan suara 360: 213: 79 dari 652 anggota parlemen yang memberikan suara di Parlemen , dipimpin oleh Ketua U Mann Win Khaing dari.

Htin Kyaw menjadi presiden kedua dari Myanmar setelah militer kembali kekuatan untuk sipil pada tahun 2011. Htin Kyaw, perwakilan non-parlemen, juga merupakan presiden sipil non-militer.

Sesuai hasil voting, U Myint Swe menjadi wakil presiden pertama, sementara U Henry Van Htee Yu menjadi wakil presiden kedua.

Terpilih sebagai presiden dan dua wakil presiden yang diharapkan akan dilantik di parlemen pada 30 Maret, sedangkan serah terima tugas dari kepala negara diperkirakan akan berlangsung di Istana Presiden pada hari berikutnya.

Myanmar parlemen menetapkan tiga kelompok yang mewakili dua Rumah dan anggota parlemen militer untuk mencalonkan satu kandidat masing-masing untuk pemilihan presiden dan melalui voting, salah satu yang memenangkan jumlah suara terbanyak mengambil presiden sedangkan sisanya dua menjadi wakil presiden.

Parlemen terdiri dari dua partai dibagi oleh NLD dengan 390 anggota parlemen atau 59,36 persen, USDP dengan 41 atau 6,24 persen, pihak lain dan individu dengan 60 atau 9,132 persen dan perwakilan militer dengan 166 atau 25,26 persen.(hls/data3)

Check Also

Hina Suu Kyi di Facebook, Eks Jurnalis Dibui 7 Tahun

YANGON, Waspada.co.id – Ngar Min Swe, seorang mantan jurnalis media pemerintah Myanmar, divonis tujuh tahun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: