Home / Warta / Mancanegara / Malaysia Segera Jual Kapal Pesiar Skandal Korupsi 1MDB Rp3,6 Triliun
foto: Antara

Malaysia Segera Jual Kapal Pesiar Skandal Korupsi 1MDB Rp3,6 Triliun

KUALA LUMPUR, Waspada.co.id – Pemerintah Malaysia meminta pengadilan untuk segera menjual kapal pesiar sitaan yang diduga dibeli dengan dana dari skandal korupsi lembaga 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Dalam surat permintaan kepada perusahaan pemilik kapal pada Kamis (23/8), pemerintah dan tiga badan 1MDB meminta penjualan kapal, bahan bakar, dan pelumasnya dilakukan melalui tender terbuka atau penjualan privat oleh pengadilan.

baca: Najib Kembali Dipanggil KPK Malaysia dalam Kasus 1MDB

Keempat pihak yang mengajukan permintaan meminta kapal itu segera dijual karena bisa terjadi penurunan harga mengingat armada tersebut terus terpapar elemen laut dan cuaca.

“Penyusutan harga ini akan menyulitkan penggugat karena harga kapal itu sudah menurun dan biaya perawatan selama masa penyitaan semakin mengurangi nilai,” demikian bunyi surat tuntutan tersebut, sebagaimana dilansir The Straits Times.

baca: 284 Tas Mewah Disita Dari Kondominium Najib Razak

Pihak penggugat meminta hasil penjualan tersebut diserahkan ke pengadilan dan disimpan di rekening bank di Malaysia yang disetujui oleh akuntan publik.

baca: Indonesia Setuju Serahkan Yacht Skandal Senilai Rp3,63 Triliun ke Malaysia

Kapal Equanimity seharga US$250 juta atau sekitar Rp3,6 Triliun itu pertama kali disita di Bali pada Februari lalu atas permintaan dari Kementerian Kehakiman Amerika Serikat yang sedang menyelidiki kasus korupsi 1MDB.

Indonesia kemudian menyerahkan kapal pesiar tersebut kepada Malaysia pada 6 Agustus lalu. (wol, cnn)

Check Also

Senat Malaysia Tolak RUU Anti-Berita Palsu

KUALA LUMPUR,Waspada.co.id – Senat Malaysia yang dikuasai oleh oposisi memblok upaya mengubah undang-udang mengatasi ‘berita ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: