Home / Warta / Mancanegara / Malaysia Larang Sedotan Plastik, Denda Hingga Rp10 Juta
Sedotan plastik (Taiwan News)

Malaysia Larang Sedotan Plastik, Denda Hingga Rp10 Juta

KUALA LUMPUR, Waspada.co.id – Kementerian Wilayah Persekutuan Malaysia melarang penggunaan sedotan minuman dari plastik. Aturan ini terhitung 1 Januari 2019 di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Putrajaya dan Labuan.

“Terhitung 1 Januari 2019 penggunaan sedotan minuman plastik akan dilarang di semua toko penjual makanan dan minuman untuk mengurangi pencemaran akibat plastik dan memelihara alam sekitar,” ujar Sekjen Kementerian Wilayah Persekutuan, Datuk Seri Adnan Md. Ikhsan di Kuala Lumpur, Jumat (21/9).

Dia mengatakan waktu untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terutama pedagang akan dilaksanakan hingga 2020, sebelum tindakan penegakan undang-undang dilaksanakan sepenuhnya.

“Kita akan menggunakan undang-undang yang sama seperti penggunaan produk dari biodegradasi yaitu tas plastik dan bekas makanan terhadap pedagang yang didapati melanggar peraturan boleh didenda tidak melebihi RM 1.000,” katanya.

Jika dikurskan ke rupiah maka, dendanya mencapai Rp10.800.000,-.

Adnan menjelaskan kementerian dalam proses untuk memasukkan larangan penggunaan penyedot minuman plastik sebagai salah satu dari syarat permohonan dan pembaruan izin perdagangan. (republika/data2)

Check Also

Terima Rp 9,4 triliun di rekening pribadi, Najib mengaku tak tahu dari mana asalnya

KUALA LUMPUR,Waspada.co.id – Selama lebih dari dua tahun, mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengaku ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: