Breaking News
Home / Warta / Mancanegara / Malaysia: Interpol Keluarkan Red Notice kepada 4 Tersangka Pembunuhan Kim Jong-nam
Empat orang warga Korut yang menjadi tersangka pembunuhan Kim Jong-nam (Foto: Polis Diraja Malaysia)
Empat orang warga Korut yang menjadi tersangka pembunuhan Kim Jong-nam (Foto: Polis Diraja Malaysia)

Malaysia: Interpol Keluarkan Red Notice kepada 4 Tersangka Pembunuhan Kim Jong-nam

agregasi
agregasi

 

KUALA LUMPUR – Polis Diraja Malaysia berhasil mendapatkan bantuan dari Polisi Internasional, Interpol. ‘Red Notice’ yang ditunggu-tunggu oleh Malaysia untuk menangkap empat orang pria Korea Utara (Korut) yang diduga terlibat pembunuhan Kim Jong-nam akhirnya dikeluarkan.

“Saya ingin memberi tahu Anda bahwa kami berhasil mendapatkan ‘red notice’ untuk empat orang warga Korut yang ada di bandara di hari ketika insiden pembunuhan terjadi, yang sudah meninggalkan Malaysia dan kami yakini ada di Pyongyang sekarang,” terang Inspektur Jenderal Khalid Abu Bakar, seperti dimuat Straits Times, Kamis (16/3/2017).

Red Notice’ milik aparat penegak hukum multinasional itu adalah dokumen yang serupa dengan perintah penangkapan yang berlaku secara internasional. Interpol akan memberi tahu negara-negara anggota daftar orang-orang yang diminta untuk segera diekstradisi, termasuk ke Indonesia.

Empat orang yang diburu Malaysia itu adalah Ri Ji-hyon, Hong Song-hac, O Jong-gil, dan Ri Jae-nam. Keempat orang itu masuk ke Negeri Jiran secara terpisah sebelum insiden pembunuhan tersebut. Para buronan itu diyakini pergi ke Jakarta pada 13 Februari 2017, beberapa saat setelah Kim Jong-nam dibunuh di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Informasi mengenai keberadaan keempat tersangka pembunuh Kim Jong-nam memang didapat Indonesia. Tetapi, keempatnya sudah terlanjur terbang menuju rute masing-masing. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir menegaskan, tidak ada perintah penahanan atau pencegahan terhadap keempatnya.

“Tidak ada perintah mencegah atau menahan termasuk dari Malaysia atau Interpol sehingga mereka bisa transit di sini. Kita tahu setelah kejadian. Selama tidak ada red notice, kita tidak bisa menahan,” ujar pria yang akrab disapa Tata itu kepada awak media beberapa waktu lalu.

Check Also

Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Antara)

Jokowi Pastikan Beri Bantuan Hukum ke Siti Aisyah

  JAKARTA – ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah akan terus memberikan bantuan pendampingan hukum ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.