Home / Warta / Politik / Mahfud MD Terus Mendapat Dukungan Jadi Cawapres
Mantan Ketua MK Mahfud MD (foto: Okezone)

Mahfud MD Terus Mendapat Dukungan Jadi Cawapres

JAKARTA, Waspada.co.id – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD terus mendapat dukungan untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi petahana Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu Presiden 2019.

Bahkan, Relawan Jokowi-Mahfud MD (RJM) terus mendeklarasikan dukungan kepada Mahfud menjadi pendamping Jokowi pada 2019. Sebab, Mahfud dinilai tokoh yang tepat jadi calon wakil presiden untuk Jokowi.

Pembina Relawan Jokowi-Mahfud MD, Syaiful Ma’arif menganggap Mahfud memiliki kelebihan dari figur-figur yang disebut-sebut bakal menjadi pendamping Jokowi di 2019. Menurut dia, Mahfud memiliki integritas yang tinggi.

“Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pengalaman beliau saat menduduki beberapa jabatan strategis, mulai Menteri Pertahanan, Menteri Kehakiman, Anggota DPR RI hingga Ketua Mahkamah Konstitusi. Sekarang jadi Anggota Dewan Pengarah BPIP,” kata Syaiful, Rabu (1/8).

Kemudian, Syaiful mengatakan dari sisi keilmuan juga Mahfud dianggap memiliki pengalaman akademik yang mumpuni. Sebab, beliau telah menyandang guru besar Ilmu Hukum Tata Negara.

Sementara peneliti Poltracking Indonesia, Ahmad T Wibowo mengatakan Mahfud memiliki peluang untuk menjadi calon wakil presiden pendamping Jokowi di 2019. Menurut dia, masih ada waktu untuk bisa naikkan elektabilitas.

“Pak Mahfud MD saya kira ada peluang. Masih ada waktu untuk menaikkan citranya dalam memperkuat elektabilitas Jokowi,” katanya.

Ia menjelaskan figur pendamping Jokowi harus dapat meningkatkan elektabilitas, kemudian figurnya juga bisa diterima kalangan pemilih muslim mengingat Jokowi selalu digiring opini berseberangan dengan kalangan muslim.

“Selain itu, figur cawapres Jokowi harus diterima partai koalisi pemerintah atau minimal tidak mengganggu koalisi Jokowi,” jelasnya.

Menurut dia, Mahfud dikenal sebagai tokoh muslim moderat yang kapabel dan berintegritas serta mendapat dukungan masyarakat antikorupsi dan civil society. Kemudian, Mahfud secara ketokohan dengan kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dan relatif dapat diterima oleh seluruh koalisi.

“Jika kalkulasi atas aspek-aspek tersebut yang dinilai, maka sosok Mahfud MD paling cocok mendampingi Pak Jokowi,” tandasnya. (inilah/ags/data1)

Check Also

PSI: Penolakan Perda Syariah Bagian Dari Pendidikan Politik

JAKARTA, Waspada.co.id – Partai Solidaritas Indonesia angkat bicara tentang imbauan Ketua MUI Sumatera Barat Buya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: