Home / Warta / Mancanegara / Mahathir Mungkin Perpanjang Masa Jabatannya Sebagai PM Malaysia
foto: reuters

Mahathir Mungkin Perpanjang Masa Jabatannya Sebagai PM Malaysia

agregasi

 

PETALING JAYA – Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad sebelumnya mengatakan bahwa dia akan menyerahkan posisinya kepada Anwar Ibrahim setelah dua tahun menjabat. Namun, pria berusia 92 tahun itu mengatakan, dia mungkin akan memerintah lebih lama dari jangka waktu itu.

Mahathir mengatakan, jangka dua tahun merupakan keputusan awalnya, tetapi hal itu bukannya tidak dapat diubah-ubah lagi.

“Ini (dua tahun) adalah saran, tetapi kami tidak terpaku pada hal ini. Bisa lebih awal, atau bahkan lebih lambat,” kata Mahathir dalam wawancara dengan Sinar Harian sebagaimana dilansir The Star, Senin (11/6/2018).

“Prioritasnya adalah mengembalikan kekayaan negara dan membangun ekonomi kita menjadi lebih berkelanjutan. Dalam jangka pendek, saya ingin mengatasi masalah yang sedang kita hadapi sekarang.

“Jika saya berhasil, uang tidak akan menjadi masalah, yang penting adalah hasil kerja kami,” ujarnya.

Meski mengatakan bahwa dia belum tentu mundur dalam jangka waktu yang telah disebutkan, Mahathir kembali menekankan bahwa Anwar Ibrahim akan tetap menjadi penerusnya nanti. Anwar yang baru saja mendapat pembebasan penuh dari penjara menyusul kemenangan Pakatan Harapan, sebelumnya telah mengatakan tidak akan terburu-buru kembali ke politik.

Banyak yang meragukan Mahathir akan memberi jalan bagi Anwar untuk berkuasa, terutama jika melihat hubungan keduanya di masa lalu. Anwar merupakan tangan kanan Mahathir sebelum dia dipecat secara tak terduga pada 1998 dan dijebloskan ke penjara atas tuduhan korupsi dan sodomi.

Dalam wawancara tersebut, Mahathir membantah dirinya memiliki kaitan dengan tuduhan terhadap Anwar dan mengatakan bahwa kasus Anwar ditangani oleh polisi yang menegakkan hukum.

“Kasus Anwar bukan perbuatan saya. Polisi mengatakan ‘oh, wakil perdana menteri tidak bisa seperti itu, bagi kami untuk mengabaikan apa pun yang dia lakukan’

“Jika kita ingin mengikuti aturan hukum, kita harus membiarkan hukum mengambil jalannya bahkan jika teman kita terlibat,” katanya.

Check Also

Mahathir: Menteri Malaysia Dilarang Terima Hadiah

  PUTRAJAYA – Koalisi Pakatan Harapan yang berkuasa di Malaysia menetapkan aturan yang menyatakan bahwa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: