Home / Warta / Politik / Mahathir-Jokowi Bicara Soal Demokrasi Politik
foto: okezone

Mahathir-Jokowi Bicara Soal Demokrasi Politik

BOGOR, Waspada.co.id – Perdana Menteri Malaysia, Tun Mahathir Mohamad bersama Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) membicarakan tentang politik dalam pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Jumat (29/6).

“Kita membahas bagaimana menyelesaikan masalah politik dalam sebuah negara demokrasi ini. Kalau pemerintahan kita kuku besi, ya gak jadi masalah. Tapi kita ingin amalkan sistem demokrasi,” kata Mahathir di Istana Bogor.

Namun, Mahathir mengaku kalau sistem demokrasi masih memiliki banyak masalah misalnya negara yang baru menerapkan sistem demokrasi ini hanya ingin merebut kekuasaan semata dimana mereka cuma ingin menang dan tidak mau kalah sama sekali.

“Kalau kalah adakan demonstrasi dan serangan dan huru-hara akan berlaku usai pemilu, tapi kalau kita amalkan demokrasi, kita akan terima hakikat kalau persaingan tentu ada yang menang dan kalah,” ujarnya.

Menurut dia, harusnya dalam sistem demokrasi harus menerima kekalahan dan tidak menimbulkan masalah sehingga pelaksanaan pemilu bisa diadakan lagi pada 5 tahun atau 4 tahun ke depan.

“Itu hal yang terbaik,” jelas dia.

Mahathir mengaku tidak tahu kenapa bisa dapat kemenangan dalam pesta demokrasi di Malaysia, bahkan tidak ada kericuhan apapun karena masyarakat bisa menerima hasilnya dengan legowo. Kini, Mahathir sedang menata lagi negara Malaysia.

“Sebenarnya kita di Malaysia ini bukanlah cakap tangan tapi entah bagaimana kita bisa dapat kemenangan dan tak ada masalah yang dapat muncul setelah itu. Saat ini, kami tengah sibuk untuk memoles ulang negara kami. Kita akan teruskan dengan dasar-dasar, terutama dasar di luar negeri yaitu persahabatan dengan Indonesia,” tandasnya. (inilah/ags/data1)

Check Also

Jabat Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi Tegaskan PSSI Tak Akan Terganggu

  JAKARTA – Edy Rahmayadi mengklaim jabatannya sebagai Gubernur Sumatera Utara tidak akan mengganggu kinerjanya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: