Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / LPSK Minta Masyarakat Ungkap Pembakaran Lahan
tempo.co

LPSK Minta Masyarakat Ungkap Pembakaran Lahan

JAKARTA, WOL – Masyarakat di berbagai daerah diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam mengungkap pembakaran lahan misalnya bila mengetahui adanya dugaan oknum aparat yang membekingi korporasi pembakar hutan dan lahan.

“Partisipasi masyarakat untuk melaporkan siapa yang saja terlibat dalam kasus kebakaran hutan dan lahan sangat penting, apalagi jika benar ada oknum aparat yang terlibat,” kata Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Abdul Haris Semendawai dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Menurut dia, kepolisian dinilai bakal mengalami kesulitan bila tidak ada masyarakat yang berani melaporkan pihak-pihak yang diduga dengan sengaja membakar hutan dan lahan.

Sedangkan di sisi lain, lanjutnya, penanganan kabut asap sudah mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, termasuk Presiden Jokowi sendiri. “Dampak yang ditimbulkan tidak saja mengganggu kesehatan, tetapi juga menyebabkan roda perekonomian tersendat,” ujarnya.

Sebelumnya, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) membuka posko gugatan terkait dengan bencana kabut asap yang disebabkan oleh peristiwa kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Tanah Air.

Walhi mengajak warga negara secara aktif memperjuangkan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, hak untuk bebas dari ancaman bencana asap, hak kesehatan, hak hidup dan hak untuk hidup dengan kualitas hidup yang baik, termasuk hak generasi yang akan datang.(ant/hls/data2)

Check Also

Kebakaran Hutan di Sumatera Meluas, 49 Titik Panas Tersebar di 7 Provinsi

  PEKANBARU – Kebakaran hutan dan lahan di Pulau Sumatera semakin meluas. Terdeteksi sebanyak 49 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: