Home / Warta / Indonesia Hari Ini / LIPI: Pemerintah Harus Benahi Sistem Mitigasi Bencana
Foto Istimewa

LIPI: Pemerintah Harus Benahi Sistem Mitigasi Bencana

agregasi

 

JAKARTA – Bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu harus menjadi langkah pemerintah untuk membenahi sistem mitigasi agar tidak selalu berulang kembali hingga menyebabkan ribuan korban meninggal dunia dan ribuan rumah hancur.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Danny Hilman Natwidjaya mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengenali bencana gempa, sehingga dapat menentukan mitigasi seperti apa yang tepat untuk digunakan.

“Mulai dari pertama kita harus tau, kenal sumber gempanya, sudah dipetakan jalur-jalurnya,” kata Danny kepada Okezone, Rabu (10/10/2018).

gempa

Danny mengatakan, upaya pencegahan yang dapat dilakukan terdapat berbagai macam dan saling berhubungan, mulai dari tata ruang yang aman dari jalur gempa hingga edukasi terhadap masyarakat.

“Mitigasinya ya tata ruangnya harus aman dari jalur gempa, struktur bangunan juga harus kuat juga sesuai dengan zonasi gempanya, pendidikan masyarakat-nya juga untuk menghadapi gempa tsunami, terus bagi yang bahaya likuifaksi,” tuturnya.

“Artinya sumber bahaya yang sudah diidentifikasi dipetakan harus di mitigasi dengan cara tata ruang kode bangunan, pengetahuan masyarakat menghadapinya,” sambungnya.

gempa

Diketahui sebelumnya, korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, Sigi, Sulawesi Tengah kian bertambah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga H+11 atau Selasa (9/10), jumlah korban meninggal yang berhasil ditemukan sebanyak 2.010 orang.

BNPB juga menerima laporan sebanyak 2.549 orang mengalami luka berat dan masih menjalani perawatan di rumah sakit, dan 8.130 orang luka ringan.

Check Also

Korban Tewas Gempa-Tsunami Palu dan Donggala Kini 2.045 Orang

JAKARTA, Waspada.co.id – Proses evakuasi korban bencana gempa tsunami di Palu dan sekitarnya masih terus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: