_
Home / Warta / Politik / Legalitas Surya Paloh Sebagai Ketum Nasdem Digugat
WOL Photo/Ega Ibra

Legalitas Surya Paloh Sebagai Ketum Nasdem Digugat

JAKARTA, Waspada.co.id – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggelar sidang perdana gugatan kader Partai Nasdem, Kisman Latumakulita, Kamis (21/2).

Kisman menggugat legalitas Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai Nasdem.

Pada persidangan ini, ketua majelis hakim memeriksa identitas dan legal standing dari pihak penggugat, Kisman Latumakulita, tergugat, pihak Surya Paloh, dan tergugat 1, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Namun, dikarenakan masing-masing pihak masih belum melengkapi dokumen-dokumen terkait, maka Ketua Majelis Hakim, Agustinus, meminta para pihak untuk melengkapi.

“Setelah musyawarah, hari Senin untuk melengkapi legal standing. Membacakan gugatan, baru ada spasi tiga hari untuk jawaban,” kata Agustinus, saat berbicara di persidangan.

Sementara itu, Imron Halimy, mewakili penasihat hukum penggugat, meminta kepada majelis hakim segera menangani perkara tersebut.

Sebab, mengacu pada ketentuan hukum, untuk menangani perkara itu memakan waktu selama 60 hari sejak gugatan diajukan pada 6 Februari 2019 lalu.

“Intinya, perkara ini harus segera diputus dalam waktu 2 bulan, 60 hari sejak 6 Februari sejak mulai didaftarkan bukan mulai dari sidang. Dan itu hari-hari kalender bukan hari kerja,” kata Imron ditemui setelah sidang.

Sampai saat ini, pihaknya masih menunggu perkembangan di persidangan. Apakah ada kemungkinan pada saat menunggu waktu sampai Senin depan dapat dilakukan upaya perdamaian.

Adapun, Biro Hukum KPU RI memandang permasalahan keabsahan Surya Paloh sebagai ketua umum Partai Nasdem seharusnya diselesaikan di internal partai. Selama ini, mereka mengacu pada SK Kemenkumham kepengurusan Partai Nasdem yang dipimpin Surya Paloh. (inilah/ags/data2)

Check Also

KPU Tunda Rekapitulasi Hasil Pemilu di Empat Provinsi

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menunda rapat pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2019 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.