Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Lazada Dorong Pengusaha Sumut Kembangkan Bisnis Basis Online
WOL Photo/eko kurniawan
WOL Photo/eko kurniawan

Lazada Dorong Pengusaha Sumut Kembangkan Bisnis Basis Online

MEDAN, WOL – Hari ini Lazada kembali menyelenggarakan Seller Conference kedua untuk para seller Lazada dari wilayah Sumatera Utara di Medan.

Acara yang bertujuan memberikan apresiasi dan motivasi, khususnya bagi UKM yang bergabung di Lazada, juga menjadi ajang berbagi ilmu dan pembelajaran antar seller guna pengembangan bisnis mereka secara online.

Hal ini sejalan dengan perkembangan pasar e-commerce Indonesia yang berpotensi tumbuh 53%. Berdasarkan ini diprediksi e-commerce akan menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk aktivitas jual-beli sehari-hari.

Untuk Provinsi Sumatera Utara saat ini terdapat lebih dari 2,5 juta pelaku UKM, dengan 300 ribu diantaranya berasal dari kota Medan. Di Lazada Indonesia sendiri terdapat lebih dari 1000 penjual lokal yang berasal dari Medan dan daerah sekitarnya, dimana angka ini terus bertambah.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Sebastian Sieber, mengatakan seiring dengan tingginya pertumbuhan pengusaha lokal di Sumatera Utara, khususnya Medan, penjualan Lazada juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun.

“Pada tahun 2015 lalu, kami telah meresmikan gudang Lazada di Medan untuk memfasilitasi kebutuhan para seller setia kami dalam memenuhi kebutuhan konsumennya di seluruh Sumatera Utara yang terus meningkat,” tuturnya, Jumat (17/2).

Jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, untuk bulan Oktober 2016 di Medan saja terdapat kenaikan jumlah pesanan yang besar, mencapai hingga 4,5 kali lipat, dan kenaikan sebanyak 19 kali dalam penggunaan bayar di tempat (Cash on Delivery/COD) sebagai pilihan metode pembayaran konsumen.

“Lazada menyediakan berbagai bentuk dukungan dan alat bantu bagi para seller untuk mengembangkan bisnis dan memanfaatkan potensi pasar yang ada, antara lain melalui pelatihan on-boarding sejak mereka mulai bergabung, pendampingan melalui seller center, dan pilihan untuk mengelola inventori mereka,” ungkap Sebastian.

Selain itu, Lazada juga memberikan akses kepada para penjual yang membutuhkan tambahan dana pengembangan bisnis untuk mencari bantuan, antara lain dengan KoinWorks. Sampai dengan saat ini KoinWorks telah membiayai lebih dari 100 penjual Lazada dengan total nilai sebesar Rp15 miliar.

Co-Founder & CEO KoinWorks, Benedicto Haryono, menambahkan adanya kerja sama dengan Lazada membuat peluang untuk mewujudkan misi sosial dalam memberdayakan pelaku UMKM agar terus mampu mengembangkan usahanya menjadi lebih besar.

“Karena kerja sama tersebut juga, kami mampu merangkul lebih banyak UMKM dan mendukung pendanaan bisnis mereka sehingga menjadi lebih berkembang,” tambahnya.

Sebagai e-commerce marketplace, mempertemukan penjual dengan pembeli dalam platform marketplace dengan dukungan teknologi dan inovasi merupakan fokus Lazada.

“Dengan lebih dari 15.000 penjual yang tersebar di seluruh Indonesia, jutaan jenis barang dan cakupan wilayah distribusi geografis yang luas termasuk luar Indonesia. Lazada senantiasa mewujudkan komitmennya dalam memajukan industri UKM Indonesia melalui berbagai bentuk dukungan Lazada bagi para sellernya agar dapat melayani konsumen setia Lazada lebih baik,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ilustrasi (dok. WOL Photo)

Rupiah Naik Tujuh Poin di Rp13.567 Per Dolar AS

JAKARTA, WOL – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu (13/12) pagi, bergerak ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.