Home / Warta / Politik / “Lawan Politik Jokowi Goreng Isu Tenaga Kerja Asing”
Sekretaris Kabinet, Pramono (foto: Okezone)

“Lawan Politik Jokowi Goreng Isu Tenaga Kerja Asing”

JAKARTA, WOL – Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskan), Pramono Anung melihat isu tenaga kerja asing sedang dimainkan oleh pihak yang berseberangan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memasuki tahun politik.

“Jadi kita tahu karena ini tahun politik, isu tenaga kerja pasti digoreng-goreng,” kata Pramono di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (18/4).

Ia menjelaskan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) itu untuk mempermudah administrasinya, karena selama ini soal administrasi pengurusannya terlalu lama dan berbelit-belit.

Menurut dia, adminsitrasi ini mengutamakan untuk TKA menengah ke atas dan ini soal izin administrasinya bukan tentang mendatangkan tenaga kerja. Karena, selama ini administrasinya pengurusannya lama.

“Dan tenaga kerja kita ini dibandingkan negara lain masih sangat rendah sekali. Sekali lagi, kami tegaskan bahwa perbaikan yang dilakukan dalam Perpres itu adalah adminsitrasi, pengurusan,” ujarnya.

Ia mencontohkan dengan keluarnya Peraturan Presiden soal TKA, maka apabila ada seorang direktur yang berstatus sebagai tenaga kerja asing mudah mengurus perizinannya.

“Misalnya mereka harus keluar dulu ke Singapura untuk izin sementara (perpanjang izin kerja) baru masuk lagi. Nah, izin-izin begitulah yang diatur dipermudah. Jadi, bukan mempermudah TKA masuk,” jelas dia.

Untuk itu, Pramono mengajak masyarakat tanpa terkecuali agar membaca terlebih dahulu isi dari Perpres soal TKA tersebut. Karena menurut dia, aturan tersebut tidak berhubungan sama sekali dengan pekerja kasar atau tenaga kerja non skill.

“Ini hanya pada level medium ke atas, level manager, jenderal manager, kemudian direktur. Mereka yang akan memperpanjang izin kerjanya itu tidak perlu balik lagi ke Singapura baru ke sini. Mohon baca dulu Perpresnya, jangan dan banyak yang belum membaca Perpresnya sudah menanggapi,” tandasnya. (ant/ags/data1)

Check Also

Padati Area MTQN, Warga Ingin Lihat Langsung Sosok Presiden Jokowi

MEDAN, Waspada.co.id – Ribuan warga mulai memadati Pembukaan MTQ Nasional ke-XXVII di Astaka, Gedung Serbaguna ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: