Home / Aceh / Lauhin Mahfudz, Putra Gayo Wakili Indonesia MTQ Internasional Kairo
Lauhin Mahfudz mewakili Indonesia memegang bendera Merah Putih, bersama 20 peserta lainnya dari berbagai negara, saat Pembukaan MTQ Internasional di Kairo, Mesir, Jum'at (23/3) waktu setempat. (Istimewa)

Lauhin Mahfudz, Putra Gayo Wakili Indonesia MTQ Internasional Kairo

KAIRO, WOL – Lauhin Mahfudz (22) finalis MTQ Internasional Cabang Syarhil Qur’an mewakili Indonesia yang diadakan di Kairo, Mesir, Minggu (25/3). Qori ini adalah Putra Gayo anak ketiga dari pasangan  HM Saleh AR dan Murtasidah, berasal dari salah satu Kabupaten di dataran tinggi Tanah Gayo, tepatnya Kabupaten Aceh Tengah, Kecamatan Lut Tawar, Kampung Tetunyung.

Berkibarnya bendera Indonesia di ajang Musabaqah Internasional di Kairo tersebut, menurut Lauhin Mahfudz yang disampaikan via SMS kepada Waspada Online, Senin (26/3) ketika dirinya bersama rekannya Farhan Tsani, mendaftarkan diri atas nama bangsa Indonesia, secara resmi di kepanitiaan MTQ Internasional tersebut.

Dua putra Gayo ini merupakan alumnus Pesantren Raudhatul Hasanah Medan, Sumatera Utara tahun 2014. Lauhin Mahfudz kemudian sempat melanjutkan kuliah di UIN Ar Raniry jurusan tafsir Al Quran dan Hadist. 2016 dia kembali mendapat kesempatan ke Timur Tengah ikut tes masuk  universitas terkemuka Al Azhar Kairo, dan lulus dengan mengambil jurusan Syariah Islamiyyah.

2Di awal masa kuliahnya di Universitas Islam terkenal itu, Lauhin mulai menorehkan prestasi, pada ajang perlombaan Khatib Jumat yang diadakan oleh Pemerintah Mesir.

Namanya semakin dikenal, tidak hanya di kalangan Kampus Universitas Al Azhar, tetapi  berskala internasional karena dia  kerap diundang dalam acara-acara resmi kampus dan Pemerintah Mesir karena kefasihannya dalam berbahasa Arab. Tak hanya itu, Lauhin juga seorang hafidz Al Quran.

Disebutkan, persaingan cukup ketat setelah melakukan pendaftaran pada Jum’at (23/3) dirinya mewakili Indonesia mendapat giliran nomor 10 dipanggil panitia seleksi. Karena dari sekian banyak peserta yang mendaftar, yang lolos seleksi dan diterima mewakili Negara masing -masing hanya satu orang.

20 Negara dari berbagai belahan dunia, ikut mendaftar pada MTQ Internasional tersebut, dan setelah seleksi awal diperoleh 20 peserta mewakili masing-masing Negara. Lauhin Mahfudz tercatat sebagai peserta atas nama Indonesia.

Akhirnya, melalui pertandingan yang cukup bergengsi, Lauhin Mahfudz putra Tanah Gayo berhasil mewakili Indonesia  masuk ke babak final pada Minggu (25/3) bersama rekannya dari 3 negara lainnya, yakni; Malasyia, Filipina, dan Nigeria. Menurut panitia pelaksana MTQ Internasional babak final akan dilaksanakan pada tanggal 4 April 2018 mendatang.

Lauhin Mahfudz atas nama perwakilan Indonesia memohon doa dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia, agar dia bisa membawa nama harum bangsa Indonesia di ajang MTQ Internasional Kairo. “Terima kasih khususnya kepada Bupati Bener Meriah, Bupati Aceh Tengah dan Bupati Gayo Lues beserta masyarakat Gayo di mana pun berada atas doa dan dukungannya,” tutupnya. (wol/bus/adata1)

Editor: M Agus Utama

Check Also

Masyarakat Tampeng Dukung Kepemimpinan H Muhammad Amru

GAYO LUES, Waspada.co.id – Kampung Tampeng, Kecamatan Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues adalah salah satu perkampungan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: