Breaking News
Home / Warta / Mancanegara / Lagi, Duterte Ancam Akhiri Pakta Pertahanan Dengan AS
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: Reuters)
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: Reuters)

Lagi, Duterte Ancam Akhiri Pakta Pertahanan Dengan AS

TOKYO,WOL – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam akan mengkahiri pakta pertahanan dengan Amerika Serikat (AS). Hal tersebut ia lontarkan di sela-sela kunjungannya ke Jepang.

Mengutip Reuters, Duterte geram dan menyebut AS sebagai pengganggu. Amerika sendiri mengancam akan mengurangi bantuannya ke Manila karena prihatin atas dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan Duterte dalam pemberantasan narkoba.

“Amerika benar-benar pengganggu, menghukum kami atas perang mematikan terhadap narkoba,” kata Duterte di depan komunitas warga Filipina di Tokyo, Selasa (25/10) waktu setempat.

Duterte tiba di Jepang dalam lawatannya selama tiga hari ke depan. Di hari pertama kunjungannya, ia langsung melontarkan pernyataan akan memutus pakta pertahanan dengan Washington yang sudah terjalin sejak 2014.

Mengacu pada pakta perjanjian pertahanan yang apabila diputus, maka nantinya sebagian besar pasukan AS kapal perang dan pesawat tempur tidak akan bisa memasuki wilayah Filipina untuk latihan tempur.

“Lupakan saja. Di masa depan, saya tidak ingin melihat militer dari bangsa lain kecuali tentara Filipina,” tegas Duterte.

(ags/metrotvnews/data3)

Check Also

Inquirer file photo

Merasa Tak Cocok Dengan Duterte, Wapres Filipina Siap Mundur

MANILA, WOL – Leni Robredo siap mundur dari jabatannya sebagai Wakil presiden Filipina karena alasan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.