Newsticker
WOL / Warta / Politik / Kuota Haji Bertambah, DPR Harap Pemerintah Tetap Lakukan Diplomasi Negara Tetangga
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah (foto: Okezone)
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah (foto: Okezone)

Kuota Haji Bertambah, DPR Harap Pemerintah Tetap Lakukan Diplomasi Negara Tetangga

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, mengapresiasi kuota haji 2017 yang kembali normal menjadi 211 ribu. Ia juga mengapresiasi Pemerintah Arab Saudi yang menyetujui permintaan tambahan kuota 10 ribu, sehingga total kuota haji 2017 menjadi 221 ribu.

Namun, Fahri berharap pemerintah Indonesia tetap melakukan upaya diplomasi dengan negara tetangga yang memiliki kuota haji namun tidak digunakan seluruhnya pada setiap tahun, seperti Myanmar, Filipina, bahkan Malaysia.

“(Diplomasi) harusnya tetap dilakukan. Tetangga kita ada banyak yang tidak memakai kuota sampai full, seperti Filipina termasuk Myanmar, kemudian ‎negara-negara Islam seperti Malaysia, Brunei, mereka punya jatah-jatah yang umumnya mereka enggak habis. Karena itu bisa kita pakai,” ujar Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2017).

Fahri juga akan mengusulkan masalah ini kepada pemerintah agar menyampaikan permintaan ini kepada Pemerintah Arab Saudi.

Menurut Fahri, dengan memanfaatkan kuota yang tak terpakai milik negara tetangga, jumlah jamaah haji asal Indonesia bisa bertambah, khususnya yang telah menunggu lama.

“Terus terang saya pernah haji-haji biasa, melihat bagaimana orang-orang tua kita itu dalam keadaan sangat melelahkan. Sudah tidak ada tenaga dan sakit, bahkan meninggal. Hal ini yang kalau bisa kita finalisasi, tuntaskan dengan cara mengusulkan kuota khusus bagi mereka yang tua-tua,” pungkasnya.

Baca Juga

foto: Illustrasi Okezone

Akhirnya, Surat Usulan Hak Angket KPK Dibacakan Dalam Rapat Paripurna

  JAKARTA – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya membacakan surat usulan dari Komisi III ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.