Breaking News
Home / Warta / Politik / Kunjungi BPPT, Gus Irawan: Inovasi Harus Meningkatkan Produktivitas
Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu saat mengunjungi BPPT, Rabu (11/10) kemarin. Di tempat ini dia juga menerima penjelasan tentang ban vulkanisir pesawat, hasil inovasi BPPT yang sudah digunakan oleh PT Garuda Maintenance Facility (GMF), kepada rombongan Anggota DPR RI Komisi VII di Puspiptek, Serpong. (Ist)
Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu saat mengunjungi BPPT, Rabu (11/10) kemarin. Di tempat ini dia juga menerima penjelasan tentang ban vulkanisir pesawat, hasil inovasi BPPT yang sudah digunakan oleh PT Garuda Maintenance Facility (GMF), kepada rombongan Anggota DPR RI Komisi VII di Puspiptek, Serpong. (Ist)

Kunjungi BPPT, Gus Irawan: Inovasi Harus Meningkatkan Produktivitas

JAKARTA, WOL – Komisi VII DPR RI mengunjungi BPPT (Badan Penerapan Pengkajian Teknologi) dipimpin ketuanya Gus Irawan Pasaribu.

“Tugas dari Komisi VII DPR RI adalah salah satunya melakukan pengawasan dan pengganggaran untuk bidang Teknologi. Sebagai salah satu mitra kerja kami, saya melihat BPPT sudah banyak melakukan inovasi yang menyentuh sektor masyarakat, seperti misalnya inovasi dibidang kesehatan dan pertanian,” terang Gus Irawan Pasaribu, Ketua Komisi VII ketika melakukan kunjungan lapangan ke PUSPIPTEK, Tangerang Selatan, Rabu (11/10) kemarin.

Gus Irawan menambahkan, yang terpenting dari hasil inovasi adalah hasil yang mampu meningkatkan produktivitas masyarakat secara nasional. Menurutnya secanggih apapun hasil inovasi, menjadi tidak bermanfaat apabila tidak diterapkan di masyarakat dan industri.

“Saya melihat tadi misalnya garam farmasi hasil inovasi BPPT. Itu sudah sangat bagus karena selama ini kita hanya impor. Kami ingin inovasi-inovasi semacam itu lebih di promosikan agar bisa dikomersialisasi,” ucap Gus.

Sekretaris Utama BPPT, Soni Solistia Wirawan, menjelaskan dari sembilan klaster milik BPPT, masing-masing klaster mempunyai keunggulan teknologi yang berbeda.

“Ada bioteknologi yang salah satu andalannya adalah teknologi ex vitro, mesin fotokopi tanaman. Ada juga Balai Termodinamika Motor dan Propulsi yang menguji emisi dari setiap kendaraan baru di Indonesia. Hari ini kami ingin mengajak untuk melihat lebih dekat Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika dan Aeroakustika yang terkenal dengan tempat uji terowongan anginnya,” jelas Soni.

Gus Irawan Pasaribu mengakui sangat tertarik dengan hasil inovasi BPPT. Dia mengatakan  saat ini teknologi yang dibutuhkan masyarakat pada umumnya adalah yang berhubungan dengan bahan pokok.

“BPPT ini luar biasa sekali. Kami sudah melihat langsung apa saja yang dihasilkan BPPT. Saya mencicipi inovasi BPPT dari sagu yang sudah berbentuk mie instan. itu sangat bagus. Kami akan terus dukung BPPT,” ungkapnya di sela-sela kunjungan.

“Dari kunjungan ini, kami jadi bisa melihat langsung ke lapangan hasil-hasil inovasi BPPT, dan apa saja yang dibutuhkan kedepan. Memang, yang terpenting adalah pemanfaatan dari hasil inovasi harus bisa dirasakan masyarakat. BPPT perlu mempopulerkan apa saja inovasinya,” kata Gus Irawan Pasaribu. (wol)

Editor: Agus Utama

Check Also

foto: Istimewa

Ketua Komisi VII DPR RI Minta Freeport Tunduk Pada Hasil Renegosiasi

MEDAN, WOL – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu menekankan agar PT Freeport ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.