Breaking News
Home / Warta / Mancanegara / Kunjungan Perdana di 2017, PM Jepang Pilih Indonesia
AP
AP

Kunjungan Perdana di 2017, PM Jepang Pilih Indonesia

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Perdana Menteri Jepang, Sinzho Abe dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada 15-16 Januari. Agenda tersebut merupakan kunjungan luar negeri pertama Abe setelah pergantian tahun.

Dalam pertemuan dengan media Kamis, (12/1/2017) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), Armanatha Nasir mengatakan, dipilihnya Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjungi pada 2017 mencerminkan baiknya hubungan bilateral kedua negara.

“Kunjungan ini memiliki sebuah makna. Pertemuan menunjukkan adanya komitmen antardua negara untuk meningkatkan hubungan bilateral,” ujar Armanatha di Kemlu, Jakarta.

Dalam kunjungannya, Abe direncanakan akan membahas isu politik, ekonomi, sosial dan budaya. Kedatangan Abe akan didampingi 30 CEO dari berbagai latar belakang usaha seperti perbankan, manufaktur, kontruksi, petrokimia, energi dan baja.

Dengan hadirnya perwakilan pelaku usaha tersebut, isu ekonomi akan memiliki porsi pembahasan paling besar dibanding isu yang lain.

Pembahasan ekonomi akan membicarakan tiga topik utama yaitu, kerjasama infrastuktur, peningkatan konektivitas dan investasi sektor maritim.

Sementara itu, dari segi politik, diskusi kedua pemimpin negara akan mengutamakan permasalahan situasi keamanan global khususnya Laut China Selatan dan Semenanjung Korea yang masih menjadi wilayah konflik.

“Sejauh ini hubungan Indonesia dan Jepang terus membaik, investasi meningkat dan tercatat mencapai USD23,82. Selain itu, dari sektor wisata, pada 2016 sekira 474 ribu turis Jepang tercatat mengunjungi Indonesia,” tambah Armanatha.

Ia menyebut, Jepang telah menjadi mitra strategis Indonesia. Salah satu buktinya, otoritas Jepang telah empat kali mengunjungi Indonesia dalam kurun waktu kurang dari dua tahun.

Check Also

Mulia Asri Rambe (WOL Photo)

Politisi Daerah Kritisi Kebijakan ULN Indonesia

MEDAN, WOL – Meningkatnya jumlah utang luar negeri (ULN) Indonesia pada tri wulan I per ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.