_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Kuasa Hukum Nilai Ratna Sarumpaet Dituntut Lebih Berat daripada Koruptor
Ratna Sarumpaet di PN Jaksel (Foto; Sarah Hutagaol/Okezone)

Kuasa Hukum Nilai Ratna Sarumpaet Dituntut Lebih Berat daripada Koruptor

agregasi

 

JAKARTA – Kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin menilai kalau tuntutan hukuman yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap kliennya terlalu berat. Hal itu disampaikan dalam sidang duplik di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Seperti diketahui, dalam kasus Ratna Sarumpaet dituntut penjara 6 tahun karena dianggap terbukti melanggar Pasal 14 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Dalam pasal 14 tersebut mengatur siapapun menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dengan sengaja memunculkan keonaran di tengah masyarakat dihukum maksimal 10 tahun penjara.

Oleh sebab itu, Insank menganggap kalau tuntutan hukuman 6 tahun kepada Ratna Sarumpaet lebih berat jika dibandingkan dengan tuntutan terdakwa korupsi.

“Di usia yang ke-70 tahun ini terdakwa masih diharuskan menghadapi tuntutan hukum yang sangat berat bahkan lebih berat dari tuntutan seorang pelaku korupsi hanya karena cerita penganiayaan dan pengiriman foto dengan wajah lebam yang disampaikan ke beberapa orang ternyata adalah tidak benar,” ujarnya di PN Jaksel, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Pasalnya, menurut Insank hal yang dilakukan oleh kliennya menceritakan kebohongan mengenai penganiayaan yang menyebabkan wajahnya lebam hanya kepada teman dekat dan keluarga, dan bukan menyiarkan.

“Terdakwa menceritakan peristiwa penganiayaan dirinya bukan kepada publik melainkan hanya kepada keluarga dan teman-temannya dengan maksud untuk menutupi rasa malunya dan bukan bertujuan supaya terjadi kerusuhan atau keonaran di kalangan rakyat,” paparnya.

Check Also

Lehernya Tegang, Ratna Sarumpaet Minta Dirujuk ke Rumah Sakit

JAKARTA – Terdakwa penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet yang ditahan di Rumah Tahanan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.