_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Kronologi Setnov Pelesiran Keluar dari Lapas Sukamiskin Bandung
etya Novanto dipindah ke Lapas Gunung Sindur Bogor. (Foto: Okezone)

Kronologi Setnov Pelesiran Keluar dari Lapas Sukamiskin Bandung

BOGOR – Terpidana kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto, tepergok pelesiran keluar dari Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, saat izin berobat ke rumah sakit. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat Liberti Sitinjak pun meminta maaf kepada masyarakat atas kejadian itu.

“Saya selaku pimpinan pemasyarakatan dan pimpinan Kanwil Kemenkumham Jabar mengucapkan mohon maaf ke publik. Ini murni keteledoran staf saya di lapangan,” kata Liberti, di Rutan Kelas II B Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Sabtu (15/6/2019).

Ia menjelaskan, awalnya pada Selasa 14 Juni, Setnov izin keluar Lapas Sukamiskin Kota Bandung untuk menjalani perawatan lanjutan di rumah sakit. Guna memastikan, Liberti menyempatkan diri mengecek langsung keberadaan mantan ketua DPR RI itu di rumah sakit.

“Hari Selasa, saya menerima laporan dari Kalapas, Setnov perlu perawatan lanjutan di salah satu rumah sakit jam 8 pagi. Laporan itu saya tindak lanjuti dengan melakukan sidak dan benar pada saat itu saya temukan tiga orang dalam satu kamar. Satu orang atas nama Setnov sedang ada infus di tangan sebelah kanan satu lagi mengaku istri dan satu orang mengaku anaknya perempuan juga,” jelasnya.

Saat pengecekan tersebut, Liberti mengaku sudah memperingatkan kepada Setya Novanto agar memanfaatkan betul izin yang telah diberikan.

“Saya sempat tanyakan sakit apa, yang bersangkutan bilang ke saya bahwa tangan sebelah kiri tidak bisa bergerak sehingga dibutuhkan perawatan di rumah sakit itu. Pada saat itu saya sempat menasihati gunakan waktu ini betul-betul saudara dirawat untuk bisa sehat. Dia menyatakan iya pak terima kasih dan saya lngusng kembali ke kantor,” tambahnya.

Tiga hari kemudian Liberti justru mendapat kabar dari Lapas Sukamiskin Bandung adanya kabar di media sosial bahwa Setya Novanto pada Jumat 14 Juni 2019 tepergok pelesiran.

“Hari Jumat kemarin jam 7, saya dapat laporan dari Kalapas ada berita di media sosial bahwa Setnov pelesiran di salah satu tempat di Padalarang. Saya katakan sekarang juga periksa itu pengawal dan ditempat berbeda Setnov juga diperiksa,” ungkapnya.

Check Also

Ketua KPK Sebut Tersangka Baru Korupsi E-KTP Lebih dari 2 Orang

  JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana menetapkan tersangka baru terkait mega proyek e-KTP ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: