Home / Warta / KPU Sumut Mulai Buka Pendaftaran Calon Legislatif
WOL Photo

KPU Sumut Mulai Buka Pendaftaran Calon Legislatif

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) mulai mulai hari ini Rabu (4/7) sampai 17 Juli 2018 menerima pendaftaran calon legislatif anggota Dewan Perwakilan Rakyat Sumatera Utara (DPRD Sumut) periode 2019-2024.

Menurut Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga bersarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2018, pengajuan calon oleh partai politik di tiap tingkatan, untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Untuk KPU Sumut tentunya yang kami terima adalah calon DPRD Sumut, kita sudah.menyampaikan hal itu kepada partai politik dan kita berharap partai politik memahami ketentuan-ketentuan yang ada,” ujar Benget.

Terutama kata Benget, keterwakilan perempuan sesuai undang-undang nomor 7 tahun 2017 yang mengharuskan keterwakilan perempuan 30 persen di setiap daerah pemilihan (dapil) dengan posisi diantara 3 caleg harus ada satu perempuan.

“Para partai politik peserta pemilu harus menginput dan mengunduh semua dokumen pencalonan di silon (Sistem Informasi Pencalonan) dan dokumen-dokumen syarat calon itu untuk memastikan daftar calon. Calon hanya mendaftar di satu dapil dan lembaga perwakilan,” ujar Benget.

Dengan Silon ini lanjut Benget, diharapkan bisa membantu dengan mudah para calon untuk melengkapi dokumen para calon termasuk dengan fakta integritas para calon.

“Dalam fakta integritas tersebut ada konsekuensinya, jika memang melanggar pasti akan diTMSkan,” pungkasnya.(wol/data1/data1)
Editor: RIDIN

Check Also

Cabang Fahmil Qur’an Putra, Sumut Melaju ke Semi Final

MEDAN, Waspada.co.id – Tampil dominan dan mengesankan, tiga peserta asal tuan rumah provinsi Sumatera Utara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: