_
Home / Warta / Politik / KPU Minta Masyarakat Lawan Politik Uang
Ilustrasi

KPU Minta Masyarakat Lawan Politik Uang

JAKARTA, Waspada.co.id – KPU merespon temuan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi dan Keuangan (PPATK) tentang modus baru caleg melakukan politik uang di Pemilu 2019. KPU menyerukan kepada semua pihak untuk menjauhi politik uang.

“KPU berpandangan bahwa kita semua harus bersama-sama melawan politk uang,” kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Sabtu (6/4).

Wahyu mengatakan wujud KPU melawan politik uang dengan menggandeng PPATK dan KPK serta Bawaslu sebagai pengawas Pemilu. KPU menegaskan melarang segala macam bentuk politik uang.

“KPU juga sudah bermitra dengan PPATK dengan KPK dalam rangka melawan politik uang dalam Pemilu 2019,” katanya.

“KPU Jelas, regulasinya jelas, bahwa politik uang itu dilarang dalam pemilu, pengawasan terhadap regulasi itu jadi kewenangan Bawaslu kan,” sambung dia.

PPATK sebelumnya menemukan adanya transaksi yang janggal dalam dua-tiga tahun terakhir. PPATK berdasarkan hasil laporan Intelejen menyebut transaksi itu untuk kepentingan politik uang di Pemilu 2019.

“PPATK juga memotret ada kecenderungan memang, semoga saya salah, karena PPATK tak bisa menuduh. Ini ada laporan intelijen, membaca dari kecenderungan, penarikan dana tunai bisa terjadi 2-3 tahun sebelum pemilu,” ucap Deputi Bidang Pemberantasan dari PPATK Firman Shantyabudi. (inilah/ags/data2)

Check Also

KPU Tak Gubris Ancaman ‘People Power’ dan Isu Teror 22 Mei

JAKARTA, Waspada.co.id – Teroris yang ditangkap Densus 88 Mabes Polri, disebut-sebut berencana meledakkan bom di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: