Home / Warta / Politik / KPU Diminta Coret Caleg Eks Napi Koruptor, Narkoba dan Kejahatan S3ksual
foto: Okezone

KPU Diminta Coret Caleg Eks Napi Koruptor, Narkoba dan Kejahatan S3ksual

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk tegas menegakkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018.

Aturan ini salah satunya memuat larangan mantan narapidana kasus korupsi, narkoba dan kejahatan s3ksual pada anak untuk menjadi calon anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota.

“Sekarang tinggal ketegasan KPU menegakkan PKPU yang telah dibuat tersebut. Jika ada yang tidak memenuhi syarat, KPU tinggal coret atau proses lain sesuai aturan tersebut,” kata Febri kepada wartawan, Jumat (20/7).

Penegakkan aturan PKPU ini tidak terhalang dengan Judicial Review (JR) yang diajukan sejumlah mantan narapidana korupsi kepada Mahkamah Agung (MA). Hal ini lantaran putusan MA tidak berlaku surut.

“Putusan MA nanti akan berlaku ke depan harusnya,” katanya.

KPK kata Febri, akan membantu KPU dalam menyeleksi bakal calon legislatif. Salah satunya dengan menyerahkan daftar nama terpidana kasus korupsi yang telah berkekuatan hukum tetap atau inkracht. KPU sendiri sudah melayangkan surat kepada KPK terkait hal ini.

“Surat dari KPU sudah kami terima tertanggal 18 Juli 2018,” tandasnya. (inilah/ags/data1)

Check Also

Sebentar Lagi, Pelapor Korupsi Dihadiahi Rp200 Juta

JAKARTA, Waspada.co.id – Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2018 tentang tata cara pelaksanaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: