Home / Warta / Indonesia Hari Ini / KPK Ungkap Irwandi Yusuf Sudah Menikah Sirih dengan Model Cantik Steffy Burase
Steffy Burase (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

KPK Ungkap Irwandi Yusuf Sudah Menikah Sirih dengan Model Cantik Steffy Burase

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan hubungan antara Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf dengan model cantik Fenny Steffy Burase. Keduanya sudah pernah menikah sirih pada 2017.

Hal tersebut dilontarkan KPK saat sidang lanjutan permohonan praperadilan yang diajukan Irwandi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018).

“Bahwa saksi mengetahui Fenny Steffy Burase dan Irwandi Yusuf telah menikah secara sirih tanggal 8 Desember 2017 di Jakarta,” tulis berkas jawaban KPK, sebagaimana dikutip Okezone.

Irwandi mengajukan praperadilan lantaran menilai penetapan tersangka kepada dirinya tidak sah. Ia menilai terdapat salah satu dalil permohonnya, yakni ia tak mengetahui adanya aliran uang sebanyak Rp 39 juta di rekening untuk kegiatan Aceh Marathon 2018 dari salah satu pengusaha. Padahal, uang itu diminta Steffy Burase dari pengusaha Teuku Saiful Bahri tanpa sepengetahuan dirinya.

Oleh karena itu tim biro hukum KPK menepis dalil yang diajukan Irwandi. Biro hukum KPK menilai dalil pemohon Irwandi tersebut dan mengada-ada.

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

“Termohon anggap dalil Pemohon tersebut tidak benar penuh kebohongan dan mengada-ada sehingga menyesatkan supaya Pemohon terhindar dari tuntutan pidana yang akan dijatuhkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor,” ungkap Tim Biro Hukum KPK.

Hingga akhirnya KPK membuka Berita Acara Pemeriksaan saksi berinisial F, tanggal 6 September 2018. F mengungkapkan dirinya dikabari Stefy bahwa Steffy diajak menikah secepatnya oleh Irwandi Yusuf.

“Saksi menjelaskan kehadirannya di Hotel Ascott Jakarta dari undangan Stefy Burase melalui chat WhatsApp, yang mengundang saksi untuk hadir Jumat 8 Desember 2017, ‎untuk menghadiri pernikahan Stefy Burase,” paparnya.

Steffy Burase (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

Selain itu KPK juga membeberkan BAP saksi J, yang diperiksa pada 13 September 2017. J membenarkan Stefy Burase dan Irwandi telah menikah secara siri tanggal 8 Desember 2017.

“Saksi mengetahui hal tersebut karena saksi menghadiri acara akad nikah dan syukuran nikah mereka di salah satu apartemen di daerah Kebon Kacang di Jakarta,” tegas Tim Biro Hukum KPK.

Sebagaimana diketahui, Irwandi diduga menerima Rp500 juta, yang merupakan jatah Rp1,5 miliar, dari Ahmadi. Uang Rp500 juta ini, diduga bersumber dari pengusaha yang mendapat proyek di Kabupaten Bener Meriah.

Diduga setiap anggaran untuk proyek yang dibiayai dari DOKA akan dipotong sebanyak 10 persen dari jumlah anggaran pada tahun ini sebesar Rp8,03 triliun. Untuk pejabat di tingkat provinsi akan menerima fee sebesar 8 persen dan 2 persen untuk tingkat kabupaten.

Check Also

KPK Amankan 14 Orang Saat OTT Anggota DPRD Kalteng

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap anggota DPRD ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: