_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / KPK : Uang Sitaan dari Laci Kerja Menag Jadi Bagian Perkara Suap Romi
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Okezone/Arie Dwi Satrio

KPK : Uang Sitaan dari Laci Kerja Menag Jadi Bagian Perkara Suap Romi


JAKARTA – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang Rp180 juta dan 30 ribu dollar Amerika Serikat usai menggeledah ruang kerja Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin. Uang pecahan dollar dan rupiah itu ditemukan dari laci meja kerja Lukman Hakim.Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, uang sitaan tersebut nantinya ditelusuri lebih jauh oleh tim penyidik. Ditambahkannya, uang tersebut termasuk dalam bagian dari pokok perkara dugaan jual-beli jabatan di lingungan Kementerian Agama (Kemenag)‎ yang menyeret mantan Ketum PPP, Romahurmuziy (Romi).

“Jadi uang tersebut disita dan dibaca lebih lanjut dan menjadi bagian dari pokok perkara,” kata Febri saat dikonfirmasi, Rabu (20/3/2019).

Tak hanya menyita uang, tim juga mengamankan sejumlah dokumen dari ruang kerja Menag, Sekretaris Jenderal Kemenag, Nur Kholis, dan ruang kerja Kepala Biro Kepegawaian Kemenag, Ahmadi. Dokumen tersebut berkaitan dengan proses seleksi jabatan di lingkungan‎ Kemenag.

Nantinya, KPK akan memanggil Lukman Hakim, Nur Kholis, dan Ahmadi untuk mengklarifikasi sejumlah barang sitaan tersebut. KPK menduga ada kerjasama antara Romi dengan pihak Kemenag untuk mengurus jual-beli jabatan.

“Ya nanti akan dipanggil pada waktu yang seuai dengan kebutuhan penyidikan ya, karena penyidik standarnya memang akan memanggil para saksi dan juga tersangka untuk didalami terkait dengan bukti-bukti yang didapatkan dari penggeledahan,” ungkapnya.

“Kami menuduga kuat ada kerjasama antara RMY dengan pihak Kementerian Agama diperkara ini,” kata Febri.

‎Sebelumnya, KPK telah menetapkan mantan Ketum PPP M Romahurmuziy sebagai tersangka. Anggota Komisi XI DPR RI tersebut diduga terlibat kasus jual-beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

Romi ditetapkan tersangka bersama dua orang lainnya, yaitu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim), Haris Hasanuddin.

Check Also

Disebut Terima Rp70 Juta Terkait Jual Beli Jabatan, Ini Penjelasan Menag

JAKARTA – Menag Lukman Hakim Saifuddin diberitakan menerima Rp70 juta dari mantan Kakanwil Kemenag Jawa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: