Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / KPK Tangkap Adik Ketua MPR
Ilustrasi (Dok.Antara)

KPK Tangkap Adik Ketua MPR

JAKARTA, Waspada.co.id – Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menangkap Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan, dalam operasi tangkap tangan OTT). Ketua KPK, Agus Rahardjo, membenarkan adanya OTT tersebut.

“Betul, tim KPK ada yang ditugaskan di daerah Lampung Selatan, dalam beberapa hari ini,” kata Agus saat dikonfirmasi, Jumat (27/7).

Zainudin merupakan adik dari Ketua MPR dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. Zainudin ditangkap karena diduga terlibat transaksi suap. Agus mengatakan, selain Zainudin, terdapat enam orang lain yang turut diamankan pihaknya, di antaranya unsur DPRD dan pihak swasta.

“Kamis (tadi malam sampai dini hari ini) diamankan tujuh orang yang terdiri atas unsur kepala daerah/bupati, anggota DPRD, swasta, dan pihak lain yang terkait,” kata Agus.

Dijelaskan Agus, OTT ini dilakukan berdasarkan laporan masyarakat ihwal adanya dugaan transaksi suap. Diduga, transaksi suap yang melibatkan Zainudin terkait dengan proyek infrastruktur. Tak hanya mengamankan Zainudin dan enam orang lainnya, tim Satgas KPK juga menyita uang tunai sekitar Rp700 juta yang diduga barang bukti suap.

“Tim mengamankan uang Rp700 juta dalam pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu. Diduga terkait dengan proyek infrastruktur,” kata Agus.

Para pihak yang dibekuk, termasuk Zainudin saat ini sedang menjalani pemeriksaan. KPK memiliki waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum mereka. (wol/aa/vvn/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

KPK Limpahkan Berkas Gubernur Aceh

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas tiga tersangka kasus suap terkait Dana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: