_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / KPK Tahan Anggota DPR & 5 Orang Lainnya Terkait Suap Impor Bawang Putih

KPK Tahan Anggota DPR & 5 Orang Lainnya Terkait Suap Impor Bawang Putih

agregasi

 

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan 6 orang tersangka terkait dugaan kasus impor bawang putih. Dari keenam orang tersebut, satu di antaranya anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, I Nyoman Dhamantra.

“Penahanan dilakukan selama 20 hari ke depan,” kata Juri Bicara KPK, Febri Diansyah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/8/2019).

Nyoman ditahan di Rutan Polres Jakarta Timur. Sedangkan untuk tersangka lainnya yakni Mirawati Basri (MBS) orang kepercayaan I Nyoman, Elviyanto (ELV) dari unsur swasta dan Chandry Suanda (CSU) alias Afung ditahan di Rutan Klas I Cabang KPK.

Selain itu dua tersangka lain dari unsur swasta yakni Doddy Wahyudi (DDW) dan Zulfikar (ZFK) ditahan di Rutan Cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur.

Sebelumnya, KPK menetapkan I Nyoman Dhamantra sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan izin impor bawang putih tahun 2019. Selain I Nyoman, KPK juga menetapkan lima orang lainnya yakni orang kepercayaan I Nyoman Mirawati Basri, serta empat pihak swasta yakni Afung, Doddy Wahyudi, Zulfikar, dan Elviyanto.

‎Dalam perkara ini, I Nyoman diduga meminta komitmen fee Rp1.700 hingga Rp1.800 dari setiap kilogram bawang putih yang diimpor. Komitmen fee tersebut rencananya akan digunakan untuk mengurus perizinan kuota impor 20.000 ton bawang putih.

Selain komitmen fee tersebut, I Nyoman juga telah menyepakati adanya permintaan awal sebesar Rp3,6 miliar untuk mengurus izin impor bawang putih. Namun, dari Rp3,6 miliar baru terealisasi Rp2,1 miliar untuk I Nyoman.

Dari 20.000 ton bawang putih yang akan diimpor, I Nyoman akan mendapatkan komitmen‎ fee sebesar Rp36 miliar ditambah permintaan awal Rp3,6 miliar. Sehingga, total uang yang akan diterima I Nyoman sebesar Rp39,6 miliar jika berhasil merealisasikan 20.000 ton bawang putih.

Check Also

MK Siap Sidangkan Uji Materi UU KPK Yang Baru

JAKARTA, Waspada.co.id – Mahkamah Konstitusi (MK) siap menerima gugatan uji materi atau judicial review Undang-undang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.