Home / Warta / Indonesia Hari Ini / KPK Sita Logam Mulia dan Tiga Jenis Mata Uang di Apartemen PNS Kemenkeu
Istimewa

KPK Sita Logam Mulia dan Tiga Jenis Mata Uang di Apartemen PNS Kemenkeu

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan logam mulia seberat 1,9 kilogram, serta tiga jenis mata uang yang berbeda. ‎Tiga jenis mata uang tersebut yakni, Rupiah dengan total sekira Rp1,4 Miliar, Dollar Singapura sebesar SGD63 ribu, serta Dollar Amerika senilai USD12,5 ribu.

Uang dan logam mulia tersebut diamankan tim Satuan Tugas (Satgas) KPK dari Apartemen Kasi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman pada Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Yaya Purnomo di Bekasi, Jawa Barat.

“‎Uang tadi ditemukan di apartemen saudara YP (Yaya Purnama), diterima duit 100 dollar dari daerah (yang kemudian) diganti menjadi logam mulia,” kata Ketua KPK, Agus Rahardjo saat menggelar konferensi pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan,‎ Sabtu (5/5/2018).

Yaya Purnama sendiri telah ditetapkan tersangka kasus dugaan suap terkait usulan Dana Perimbangan Keuangan Daerah pada RAPBN-P tahun anggaran 2018. Dia ditetapkan bersama Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Amin Santono, dan dua pihak swasta, Eka Kamaluddin serta Ahmad Ghiast.

Namun demikian, hasil penyitaan sejumlah aset di Apartemen Yaya Purnama diduga tidak berkaitan dengan kasus dugaan suap usulan Dana Perimbangan Keuangan Daerah RAPBN-P tahun 2018. KPK menyebut penyitaan aset di Apartemen Yaya terkait kasus yang berbeda.

“Untuk YP (Yaya Purnama) itu kita amati sudah lama, jadi banyak orang daerah yang memberi, nanti ada satu kasus OTT sebelum ini mudah-mudahan juga sangat terkait erat, karena udah lama kami amati itu,” terang Agus.

Menurut Agus, pihaknya saat ini juga masih mendalami pihak-pihak yang memberikan suap kepada Yaya. ‎Namun, KPK telah mengantongi siapa saja pihak yang memberikan dugaan suap ke Yaya Purnama.

“Siapa saja yang memberi kita punya data nanti digali lebih lanjut mudah-mudahan akan ditemukan lebih lanjut‎,” pungkasnya‎.

Check Also

KPK Kantongi Catatan Aliran Dana Otsus Aceh ke Steffy Burase

  JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi catatan aliran dana Otonomi Khusus (Otsus) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: