Home / Warta / Indonesia Hari Ini / KPK Periksa 4 Saksi Terkait Korupsi PLTU Riau-1
Humas KPK Febri Diansyah (Foto: Okezone)

KPK Periksa 4 Saksi Terkait Korupsi PLTU Riau-1

agregasi

 

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil empat saksi, satu di antaranya adalah Direktur Perencanaan Korporat PT PLN, Syofvi Felienty Roekman, terkait perkara dugaan suap pembangunan PLTU Riau-1.

Dalam jadwal harian pemeriksaan saksi dan tersangka yang dirilis KPK, Syofvi akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka bos Blackgold Natural Resources Limited, Johannes B Kotjo. “Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (10/9/2018).

Selain itu, penyidik lembaga antirasuah juga memanggil Direktur PT Global Energi Manajemen, Mah Riana. Dia diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan Johannes Kotjo.

Kesempatan yang sama, penyidik lembaga antikorupsi juga akan melakukan pemeriksaan dua saksi lainnya yang akan diperiksa untuk tersangka mantan Menteri Sosial Idrus Marham.

Mereka adalah, Karyawan PT Asmin Koalindo Tuhup, Nine Afwani dan Direktur PT Isargas, Iswan Ibrahim. “Mereka berdua akan diperiksa sebagai saksi dalam perkara ini,” ujar Febri.

Sejauh ini, KPK telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerjasama proyek PLTU Riau-1. Ketiganya yakni, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih, Johannes B Kotjo, serta Idrus Marham.

Eni sendiri diduga bersama-sama Idrus menerima hadiah atau janji dari Kotjo. Eni diduga menerima uang sebesar Rp6,25 miliar dari Kotjo secara bertahap. Uang itu adalah jatah Eni untuk memuluskan perusahaan Kotjo menggarap proyek senilai US$900 juta.

Penyerahan uang kepada Eni tersebut dilakukan secara bertahap dengan rincian Rp4 miliar sekitar November-Desember 2017 dan Rp2,25 miliar pada Maret-Juni 2018‎. Idrus juga dijanjikan mendapatkan jatah yang sama jika berhasil meloloskan perusahaan Kotjo.

Check Also

Lapas Mewah Setnov Terbongkar, ICW: Ini Problem Masif!

  JAKARTA – Temuan demi temuan terhadap adanya fasilitas mewah di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: