Home / Warta / Indonesia Hari Ini / KPK: Pemeriksaan Bamsoet untuk Klarifikasi Kasus E-KTP
Wakil Ketua KPK, Basaria (foto: Okezone)

KPK: Pemeriksaan Bamsoet untuk Klarifikasi Kasus E-KTP

agregasi

 

JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua DPR Bambang Soesatyo sebagai saksi terkait kasus proyek e-KTP. Namun, pria karib disapa Bamsoet itu berhalangan untuk hadir dalam kasus ini.

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan menjelaskan, pemanggilan Bamsoet merupakan bagian dalam upaya mengklarifikasi beberapa hal dalam kasus tersebut.

“Pada prinsipnya begini pengembangan itu jelas sudah ada beberapa jadi tersangka. Semua informasi di persidangan harus kita klarifikasi benar tidak,” kata Basari di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Basaria juga memastikan bahwa pemeriksaan Bamsoet tidak menutup kemungkinan bagian dari pengembangan kasus proyek e-KTP. Dia juga tidak membantah bahwa dari pengembangan tersebut adanya kemungkinan tersangka baru.

Meski demikian, lanjut dia, penyidik perlu ada dua alat bukti untuk bisa menetapkan adanya tersangka baru.

“Apa kemudian akan jadi tersangka? Sudah barang tentu tidak ada jaminan untuk itu. Kita harus menemukan dua alat bukti dulu. Pemanggilan itu tidak dalam hal-hal baru karna masih dalam proses pengembangan untuk menemukan bukti lain,” jelas Basaria.

Sebelumnya diketahui, Bamsoet hari ini dijadwalkan diperiksa oleh penyidik KPK dalam kasus proyek e-KTP. Namun, dia meminta penjadwalan ulang lantaran padatnya agenda pimpinan DPR hari ini.

Rencananya, KPK akan memeriksa Bamsoet sebagai saksi kasus korupsi KTP-el yakni Irvanto Hendra Pambudi (IHP) dan Made Oka Masagung (MOM).

“Jadi tadi pagi saya sudah berkoordinasi dengan teman-teman di KPK dan sudah mengirim surat pagi-pagi untuk minta dijadwalkan kembali,” kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan.

Check Also

Sel Mewah Setya Novanto Terungkap, Ketum Golkar: Tak Perlu Didramatisasi

  JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto tidak ambil pusing terkait sel ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: