Breaking News
Home / Warta / Politik / KPK: Pemanggilan Setya Novanto Tak Perlu Mendapat Ijin Presiden
La ode M Syarif (Foto: Okezone)
La ode M Syarif (Foto: Okezone)

KPK: Pemanggilan Setya Novanto Tak Perlu Mendapat Ijin Presiden

agregasi
agregasi

 

JAKAR‎TA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat ‎(DPR) Republik Indonesia (RI), Setya Novanto kembali mangkir dalam panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada hari ini. Alasannya, karena dalam surat panggilan tersebut tidak terdapat atau tercantum izin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarief menganggap alasan Novanto tersebut tidak masuk akal dan terlalu mengada-ada. Pasalnya, sambung Syarief, Setya Novanto pernah memenuhi panggilan pemeriksaan KPK sebagai saksi tanpa harus mempermasalahkan izin dari Presiden.

“Pertama beliau kan pernah hadir beberapa kali dipanggil saat itu ‎beliau hadir tanpa surat ijin Presiden, kenapa sekarang mau hadir harus kami mendapat ijin Presiden, ini mengada-ngada,” kata Syarief di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (13/11/2017).

Syarief juga menegaskan, sebenarnya KPK tidak perlu mendapatkan ijin dari Presiden untuk memanggil Setya Novanto sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP. Sebab, tidak ada yang mengatur hal tersebut dalam landasan hukum KPK.

“Tidak sama sekali kok, tidak harus ada ijin, baca saja aturannya, kan itu juga sudah ada putusan MK tidak mewajibkan adanya ijin dari Presiden,” jelasnya.

Oleh karenanya, KPK akan melakukan upaya jemput paksa terhadap Novanto apabila kembali tidak hadir alias mangkir dalam panggilan pemeriksaan selanjutnya.

“Ya itu kalau beliau tidak hadir (akan jemput ‎paksa). Tapi saya yakin beliau akan hadir,” tandasnya.

Check Also

foto: republika

KPK: Halangi Proses Hukum Setnov Bisa Dipidana

JAKARTA, WOL – KPK menyatakan pihak yang ikut menyembunyikan atau menghalangi proses penyidikan KTP elektronik ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.