_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / KPK Minta Kemendagri Awasi Pengangkatan Jabatan di Lingkungan Pemda
Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarif.

KPK Minta Kemendagri Awasi Pengangkatan Jabatan di Lingkungan Pemda

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Berkaca dari terbongkarnya dugaan suap terkait rotasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk aktif mengawasi pengangkatan jabatan di setiap Pemerintahan Daerah (Pemda).

“Oleh karena itu, Kemendagri betul-betul memonitor supervisi langsung supaya perhatikan penempatan orang-orang itu,” kata Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarif saat jumpa pers di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (31/12/2016).

KPK diketahui menangkap tangan Bupati Klaten Sri Hartini dan tujuh orang lainnya. Sri ditangkap usai menerima suap dari salah seorang PNS di Pemkab Klaten. Dari Sukarno, diamankan uang sebesar Rp 80 juta. Selain itu, di rumah dinas Sri, ditemukan uang Rp2 miliar, USD5.700 dan SGD2.035 yang dibungkus dalam kardus.

Syarif berharap dengan terbongkarnya kasus dugaan suap ini, penempatan orang-orang di lingkungan Pemda melalui sistem pengangkatan yang transparan. Sehingga, menurut ia, pemerintahan tidak asal dalam menujuk sesorang untuk menduduki suatu jabatan.

“Jangan hanya ditinjuk-tunjuk berdasarkan berjumlah setoran, masing-masing duduki jabatan,” tuturnya.

Menurut Syarif, KPK akan berkoordinasi dengan Tim Saber Pungli guna menanggulangi jual-beli jabatan di daerah lainnya. Selain itu, ia meminta peran aktif masyarakat apabila melihat ada pejabat yang melakukan suap-menyuap.

“Kami yakin tidak hanya di Klaten tetapi daerah lain. Masyarakat kami berharap apabila melihat dan mengetahui adanya hal-hal yang berhubungan membayar pejabat untuk dapat posisi tertentu. Tolong ke pengaduan masyarakat KPK, Tim Saber Pungli. Berikutnya akan disampaikan bentuk tertulis,” tutupnya.

Check Also

KPK Akan Umumkan Tersangka Baru Korupsi e-KTP

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengumumkan tersangka baru kasus korupsi proyek pengadaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.