_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / KPK Cecar Politikus Golkar Nawafie Saleh Terkait Aliran Uang dari Eni Saragih
Istimewa

KPK Cecar Politikus Golkar Nawafie Saleh Terkait Aliran Uang dari Eni Saragih

JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI, Nawafie Saleh rampung diperiksa tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi terkait kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerjasama proyek PLTU Riau-1. Politikus Golar tersebut diperiksa untuk tersangka Sofyan Basir.

Dari hasil pemeriksaan pada hari ini, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, penyidik menggali keterangan dari ‎Nawafie Saleh terkait aliran uang yang dari terpidana perkara suap PLTU Riau-1, Eni Maulani Saragih. Hasil pemeriksaan Nawafie sejalan dengan Direktur PT One Connect Indonesia (OCI), Herwin Tanuwidjaja.

“Dari anggota DPR RI dan wiraswasta, penyidik menggali informasi mengenai penerimaan uang dari Eni Saragih,” kata Febri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2019).

Selain Nawafie, KPK juga memeriksa Direktur Keuangan PT Pembangkitan Jawa Bali Investasi (PJBI), Amir Faisal. Dari hasil pemeriksaan Amir Faisal, KPK mendalami seputar penunjukan langsung PT Samantaka sebagai konsorsium penggarap proyek PLTU Riau-1.

“Dari Direktur Keuangan PT PJBI, penyidik mendalami keterangan saksi terkait proses penunjukan PT Samantaka,” terangnya.

Sejauh ini, KPK baru menetapkan empat orang sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerjasama PLTU Riau-1. Keempatnya yakni, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih, Pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited, Johanes Budisutrisno Kotjo, Sekjen Golkar, Idrus Marham, dan Dirut PT PLN, Sofyan Basir.

Eni, Kotjo, dan Idrus telah divonis ‎bersalah dalam perkara tersebut. Eni dan Kotjo telah dieksekusi karena putusannya telah berkekuatan hukum tetap. Sementara Idrus, masih dalam proses upaya hukum banding.

Sedangkan Sofyan Basir belum dilakukan penahanan pasca-ditetapkan sebagai tersangka. Saat ini, tinggal Sofyan Basir yang masih dalam proses penyidikan.

Dalam perkara ini, Eni Saragih, Idrus Marham, dan Sofyan Basir diduga bersama-sama telah menerima suap dari Johanes Kotjo untuk mendapatkan proyek PLTU Riau-1.

Check Also

KPK Periksa Intensif 11 Orang yang Kena OTT Terkait Impor Bawang Putih

  JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan pihaknya masih melakukan pemeriksaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.