_
Home / Warta / Mancanegara / Korut Tembakkan Rudal Jarak Pendek ke Laut Jepang, Ini Tanggapan Gedung Putih
foto: (Reuters)

Korut Tembakkan Rudal Jarak Pendek ke Laut Jepang, Ini Tanggapan Gedung Putih

SEOUL,Waspada.co.id – Korea Selatan melaporkan bahwa Korea Utara telah meluncurkan beberapa rudal jarak dekat dari Semenanjung Hodo, di sebelah timur negara itu. Jika laporan tersebut terkonfirmasi, maka peluncuran itu akan menjadi yang pertama kali dilakukan oleh Pyongyang sejak uji coba rudal balistik antarbenua pada November 2017.

Bulan lalu, Korea Utara melakukan uji coba sebuah senjata yang diidentifikasi sebagai “senjata taktis berpemandu” . Uji coba senjata tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan rezim Kim Jong-un setelah pertemuan tingkat tinggi (KTT) dengan Presiden Amerika Serikat (AS) di Hanoi yang gagal mencapai kesepakatan.

Menembakkan rudal jarak dekat tidak akan melanggar janji Korea Utara untuk tidak melakukan uji coba rudal jarak jauh atau senjata nuklir.

Namun Pyongyang tampaknya semakin tidak sabar dengan desakan Washington bahwa sanksi ekonomi penuh tetap ada sampai Kim mengambil langkah serius untuk membongkar program senjata nuklirnya.

“Kami menyadari tindakan Korea Utara malam ini,” kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders sebagaimana dilansir BBC, Sabtu (4/5). “Kami akan terus memantau seperlunya.”

Dalam pernyataannya Kepala Staf Gabungan Militer Korea Selatan mengatakan bahwa Korea Utara “menembakkan sejumlah rudal jarak pendek dari Semenanjung Hodo di dekat kota pantai timur Wonsan ke arah timur laut dari pukul 09:06 hingga 09:27 (waktu setempat)”.

Rudal-rudal itu terbang antara 70km dan 200km sebelum mendarat di Laut Jepang, tambah pernyataan itu.

Semenanjung Hodo sebelumnya juga pernah digunakan untuk meluncurkan rudal jelajah dan pengujian artileri jarak jauh. (okz/data1)

Check Also

FBI Dilaporkan Sempat Kirim Agen Penyamar Temui Tim Kampanye Trump

WASHINGTON, Waspada.co.id – Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) dilaporkan sempat mengirimkan agennya yang menyamar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: