Home / Warta / Mancanegara / Korut Akhirnya Sepakat Bahas Lanjutkan Denuklirisasi
Foto: Korut akhirnya sepakat untuk melanjutkan pembahasan mengenai denuklirisasi di Semenanjung Korea. (Reuters)

Korut Akhirnya Sepakat Bahas Lanjutkan Denuklirisasi

PYONGYANG,Waspada.co.id – Korea Utara dan Selatan sepakat untuk mengadakan pembicaraan dua pekan depan, pada 18 sampai 20 September. Pertemuan itu akan membahas cara-cara denuklirisasi semenanjung Korea, seperti diungkap seorang pejabat tinggi Korea Selatan pada Kamis (6/9).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berkomitmen kuat untuk mewujudkan denuklirisasi di semenanjung Korea. Hal ini disampaikan penasihat kemanan nasional Korea Selatan Chung Lui-yong sehari setelah pertemuannya dengan Kim di Pyongyang.

Hal serupa diungkap kantor berita Korut, KCNA. Menurut pemberitaan KCNA, Kim Jong Un setuju bahwa kedua pihak Utara dan Selatan harus bersatu untuk berusaha menyukseskan perjanjian denuklirisasi tersebut.

Dua Korea harus berkomitmen untuk mencapai perdamaian abadi, tambahnya. Hal ini disampaikan Kim saat ia bertemu dengan utusan khusus Korea Selatan, Rabu (5/9).

Pemimpin Korea Utara ini akhirnya setuju dan bergabung dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat berencana untuk membahas solusi dalam perundingan denuklirisasi.

Sebelumya, Presiden Moon Jae-in telah beberapa kali mengirimkan beberapa utusan khusus, termasuk Chung, ke Pyongyang. Utusan ini sengaja dikirim untuk membuka kembali pembahasan soal rencana pertemuan tingkat tinggi (KTT) dan solusi atas perundingan denuklirisasi antara Korea Selatan dan Amerika Serikat yang selama ini mengalami kebuntuan.

KTT Inter-Korea ini akan menjadi pertemuan ketiga antara Moon dan Kim selama 2018. Utusan khusus Korea Selatan dan pemimpin Korea Utara telah bersetuju untuk menggelar KTT Pyongyang yang akan dilaksanakan pada September mendatang, dilaporkan KCNA. (cnn/data1)

Check Also

AS dan Kanada Lanjutkan Pembicaraan Dagang

OTTAWA, Waspada.co.id – Pejabat senior perdagangan Amerika dan Kanada pada hari ini, Selasa (11/9), akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: