Home / Warta / Mancanegara / Korsel dan Korut Segera Tutup Pos Jaga di Zona Demiliterisasi
reuters

Korsel dan Korut Segera Tutup Pos Jaga di Zona Demiliterisasi

SEOUL, Waspada.co.id – Korea Utara dan Korea Selatan telah setuju untuk menutup sejumlah pos penjagaan di sepanjang perbatasan kedua negara dengan masa uji coba. Kesepakatan itu disampaikan Menteri Pertahanan Korea Selatan kepada parlemen pada Selasa di tengah menghangatnya hubungan kedua Korea.

Song Young-moo mengatakan, Korea Selatan akan menarik sekira 10 pos penjaga sebagai bagian dari langkah-langkah membangun kepercayaan antara kedua negara menyusul pertemuan puncak penting antara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in pada April.

“Artinya adalah kita pertama-tama akan menarik satu atau dua pos penjaga dan secara bertahap memperluasnya,” kata Song sebagaimana dilansir AFP, Rabu (22/8).

“Utara dan Selatan setuju untuk menarik pos penjaga yang paling dekat satu sama lain. Yang terdekat sekira 700 meter dan kami akan mulai menarik pos penjaga yang berjarak satu kilometer,” tambahnya.

Kementerian pertahanan mengatakan, isu ini masih didiskusikan dan menolak mengklarifikasi apakah pos-pos penjagaan tersebut akan ditarik atau tidak.

Kedua negara bertetangga itu secara teknis masih dalam keadaan berperang karena Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 1953, bukan dengan perjanjian damai.

Zona Demiliterisasi (DMZ) yang telah memisahkan semenanjung sejak akhir Perang Korea pada 1953 adalah salah satu tempat dengan penjagaan paling ketat di dunia. Dua sisi area tersebut dipenuhi dengan ladang ranjau dan pagar kawat berduri.

DMZ, yang ditetapkan sebagai zona penangkal (buffer zone) antara kedua Korea memiliki lebar sekira empat kilometer. Zona itu termasuk Daerah Keamanan Bersama di sekitar desa gencatan senjata Panmunjom, tempat negosiasi antara kedua belah pihak berlangsung. (wol/okz)

Check Also

Ajukan Banding, Hukuman Mantan Presiden Korsel Diperberat

SEOUL, Waspada.co.id – Pengadilan banding Korea Selatan menghukum mantan Presiden Park Geun Hye 25 tahun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: