Breaking News
Home / Warta / Mancanegara / Korban Tewas Kebakaran Menara Apartemen London Mencapai 12 Orang
foto: AFP
foto: AFP

Korban Tewas Kebakaran Menara Apartemen London Mencapai 12 Orang

agregasi
agregasi

 

LONDON – Regu Pemadam Kebakaran London berhasil menyelamatkan 65 orang dari blok menara apartemen Grenfell Tower, Kensington, yang hangus terbakar pada Rabu 14 Juni dini hari waktu setempat. Sebagian besar diselamatkan dalam keadaan masih mengenakan pakaian tidur.

Namun, insiden kebakaran hebat yang menghanguskan apartemen berlantai 27 itu menewaskan sedikitnya 12 orang. Sebanyak 68 orang lainnya dirawat di sejumlah rumah sakit dengan 18 orang di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Sudah lebih dari 16 jam regu pemadam berupaya menjinakkan si jago merah. Komandan Kepolisian Metro London, Stuart Cundy, tidak yakin masih ada korban selamat di antara bangunan yang sudah hangus tersebut. Investigasi terhadap penyebab kebakaran sedang dilakukan.

“Api yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam skala dan kecepatannya, akan menjadi sasaran penyelidikan kebakaran penuh. Pelajaran apapun yang dipetik dari sini akan ditanggung tidak hanya di London, tetapi juga di Inggris bahkan secara global,” ujar Steve Apter dari regu pemadam kebakaran, melansir dari Reuters, Kamis (15/6/2017).

Layanan darurat London mengatakan, masih terlalu dini menyimpulkan penyebab kebakaran di apartemen berusia 43 tahun tersebut. Beberapa penghuni menyatakan tidak mendengar bunyi alarm kebakaran, beberapa lagi mengaku sudah mengingatkan prosedur keamanan kebakaran di blok apartemen tersebut.

Bangunan tersebut belum lama ini menjalani proses renovasi yang menelan dana hingga GBP8,7 juta (setara Rp147,2 miliar). Perbaikan yang dilakukan firma Rydon itu difokuskan pada eksterior, termasuk mengganti jendela apartemen.

“Kami akan bekerjasama dengan otoritas terkait dan layanan darurat serta mendukung penuh penyelidikan terhadap penyebab kebakaran tersebut,” bunyi pernyataan resmi firma Rydon.

Perdana Menteri Inggris Theresa May berjanji untuk melakukan penyelidikan secara menyeluruh terkait peristiwa tersebut. Sementara Menteri Urusan Pemadam Kebakaran, Nick Hurd mengatakan, otoritas setempat dan layanan pemadam kebakaran di seluruh Inggris harus meninjau ulang menara apartemen yang tengah direnovasi demi memastikan keamanan warga.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.