_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Korban Kasus 1965: Represi di Daerah Masih Kuat
Ilustrasi

Korban Kasus 1965: Represi di Daerah Masih Kuat

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Ketua Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan 1965-1966 (YPKP 65), Bedjo Untung mengatakan, represi terhadap para korban di daerah masih kuat. Represi tersebut dilakukan untuk menjegal upaya-upaya pengungkapan peristiwa 1965-1966 yang dilakukan pihaknya, antara lain dialog dan pertemuan dengan sejumlah lembaga negara.

“Sampai sekarang korban di daerah itu masih selalu direpresi. Contohnya begini, hari ini ada delegasi datang ke Wantimpres itu didatangi oleh intel, baik oleh Koramil atau Polisi. Ketika kami akan rapat-rapat di LBH, intel polisi datang,” kata Bedjo di Kantor Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Kamis (25/8/2016).

Hal itu diakuinya, ia ungkapkan saat berdialog dengan anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto. Ia menginginkan agar represi tersebut dihilangkan, sebab upaya-upaya yang dilakukannya merupakan bagian dari ekspresi memperjuangkan keadilan sebagai warga negara yang merdeka.

“Kami ini warga negara yang merdeka, yang bebas, yang perlu dijamin kemerdekaannya untuk berkumpul, berserikat dan berbicara. Jadi supaya jangan ada lagi tekanan-tekanan. Ini pak Wantimpres dicatat dan akan sampaikan kepada Jokowi,” katanya.

Ia mengaku di tingkat lembaga negara dan kementerian, kehadirannya disambut dengan tangan terbuka. Namun di daerah, stigma sebagai pemberontak masih melekat kuat. “Ini tolong sampaikan, jangan lagi. Biarkanlah kami keluarga korban hidup damai, tenang, menikmati masa tua meski dalam keterbatasan dan penuh represi dan penindasan. Kita berhak untuk hidup secara laik, tidak lagi dikejar-kejar. Karena kami bukan penjahat,” ungkap Bedjo.

Check Also

Kinerja Wantimpres Belum Nampak

JAKARTA, WOL – Politisi senior Partai Golkar, Ahmadi Noor Supit mengatakan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.