_
Home / Warta / Politik / Kongres V PDIP Jadi Bentuk Penegasan Kerja Politik & Ideologi
Kongres PDIP (Foto: Tim Media PDIP)

Kongres V PDIP Jadi Bentuk Penegasan Kerja Politik & Ideologi

BEKASI – Pembukaan Kongres Nasional V PDIP di Bali hari ini, turut dihadiri sejumlah elit partai politik. Kongres partai berlambang banteng moncong putih itu disebutkan sebagai bentuk penegasan garis kerja politik dan ideologi partai yang berpijak pada Trisakti Bung Karno.

“Karena sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, Trisakti Bung Karno itu acuan untuk melaksanakan kerja politik, kerja ideologi baik di eksekutif maupun di parlemen,” kata Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono, Kamis (8/8/2019).

Sebagai partai pemenang Pemilu dua kali berturut-turut, kata dia, PDIP akan terus menggaungkan konsep Trisakti Bung Karno, di bidang ekonomi, politik dan budaya. Konsep ini diterjemahkan dalam Pembangunan Nasional Semestar Berencana (PNSB) yang juga dirumuskan oleh Bung Karno pada 1959, dan mulai dijalankan antara tahun 1961-1968.

“Hal ini merupakan konsepsi dalam memandang gerak bangsa yang lebih visioner,” ungkapnya.

Menurut Ono, PNSB sekaligus menjawab keresahan banyak pihak yang menyoal hilangnya arah kebijakan pembangunan nasional sehingga ada usulan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). Hal ini dianggap lumrah, mengingat orientasi pembangunan saat ini yang seolah tidak berkesinambungan dan terstruktur.

“Kongres V PDIP ini memiliki pandangan yang lebih utuh dalam melihat pola PNSB,” tegasnya.

Ono berujar, bahwa konsep PNSB sedianya mampu memberikan akselerasi bilamana dapat “dilembagakan”. Pendekatan strukturalis dirasa menjadi kebutuhan untuk dapat memanifestasikan gagasan pembangunan yang berkarakter Trisakti.

Check Also

PPP Pastikan Dapat Jatah Kursi Menteri Lebih dari Satu

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani memastikan partainya mendapat jatah kursi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.