Home / Warta / Mancanegara / Kompilasi Penembakan Massal Terbesar di Kanada dalam Sejarah
Foto: Rentetan suara tembakan dalam insiden penembakan di Kanada mengagetkan warga sekitarnya pada Jumat (10/8) pagi. (REUTERS)

Kompilasi Penembakan Massal Terbesar di Kanada dalam Sejarah

Waspada.co.id – Empat orang, termasuk dua polisi tewas dalam insiden penembakan di wilayah timur Kanada, Jumat (10/8) waktu setempat. Insiden itu menggarisbawahi maraknya kekerasan bersenjata di seluruh Kanada, memicu imbauan untuk memberlakukan larangan kepemilikan senjata di sejumlah kota.

Berikut adalah penembakan massal di Kanada selama tiga dekade terakhir.

Toronto, Ontario
Pada 22 Juli 2018, seorang pria menembaki jalanan di Kota Toronto yang sibuk secara acak. Dua orang tewas, 13 luka-luka sebelum pelaku bunuh diri.

Kota Quebec, Quebec
Terjadi pada 29 Januari 2017, seorang pria menembaki sebuah mesjid dimana jemaahnya sedang menjalankan ibadah saat magrib. Enam orang tewas dan lima luka-luka, 12 luka ringan.

La Loche, Saskatchewan
Pada 22 Januari 2016, seorang siswa membunuh dua saudaranya di rumah sebelum menembaki sekolah tinggi yang terpencing, dua tewas dan tujuh lagi luka-luka.

Edmonton, Alberta
Pada 29 Desember 2014, seorang pria membunuh delapan orang, temasuk istrinya sebelum bunuh diri.

Moncton, New Brunswick
Pada Juni 2014, seorang pria bersenjata tiga membunuh polisi pegunungan Kanada (Royal Canadian Mounted Police/RCMP) dan melukai dua lainnya.

Toronto, Ontario
Pada Juli 2012, baku tembak antara dua geng yang bersaing di sebuah pesta di kawasan West Hill, dua tewas dan 23 luka-luka.

Montreal, Quebec
Pada September 2006, seorang pria menembak secara acak di Dawson College, menewaskan satu mahasiswa dan melukai 19 orang

Mayerthorpe, Alberta
Pada Maret 2005, seorang pria menewaskan empat polisi pegunungan Kanada (RCMP) yang akan mengeksekusi surat perintah sita rumahnya. Pria itu kemudian bunuh diri

Ottawa, Ontario
Pada April 1999, bekas pegawai layanan transit perkotaan Ottawa menewaskan empat rekan kerjanya, dan melukai dua lainnya sebelum bunuh diri.

Vernon, British Colombia
Pada April 1996, seorang pria membunuh sembilan anggota keluarga yang menghadiri pernikahan adik istrinya yang telah lama berpisah dengannya, dan melukai dua lainnya, sebelum bunuh diri.

Montreal, Quebec
Pada Agustus 1992, seorang profesor Concordia University menewaskan empat koleganya dan melukai satu orang.

Montreal, Quebec
Pada Desember 1989, insiden penembakan terburuk di Kanada. Di sebuah sekolah, seorang pria bersenjata menewaskan 14 siswa, semuanya perempuan dan melukai 13 lainnya di Ecole Polytechnique sebelum bunuh diri. (wol, cnn/eli)

Check Also

AS dan Kanada Lanjutkan Pembicaraan Dagang

OTTAWA, Waspada.co.id – Pejabat senior perdagangan Amerika dan Kanada pada hari ini, Selasa (11/9), akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: