_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Komnas HAM Minta Lembaga Terlibat Rusuh Tanjungbalai Jalankan Rekomendasi
(Foto : Okezone)

Komnas HAM Minta Lembaga Terlibat Rusuh Tanjungbalai Jalankan Rekomendasi

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Usai Komisi Nasional Hak Asasi (Komnas HAM) menemukan adanya pelanggaran kemanusiaan dalam bentrokan yang terjadi di Tanjungbalai, Sumatera Utara pada 29 Juli 2016. Dan empat rekomendasi telah dikeluarkan.

Ketua Tim Pemantauan dan Penyelidikan Peristiwa Tanjung Balai, Natalius Pigai, mengatakan bahwa rekomendasi tersebut harus dijalankan sebagaimana mestinya.

“Rekomendasi ini sifatnya meminta sebagai institusi yang diberikan kewenangan harus melakukan tindak lanjut,” ujar Pigai di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Kamis (11/8/2016).

Meskipun, sifat rekomendasi Komnas HAM itu tidak mengikat namun wajib untuk segera dijalankan. Mengingat lembaga tersebut berlandaskan pada undang-undang yang diatur dalam Pasal 40 Tahun 2008 Ayat 1 tentang Kewenangan Komnas HAM.

Baginya, rekomendasi itu tetap memiliki legalitas yang tinggi sebagai kebijakan yang mengikat. “Kami memiliki legalitas dan kami akan memantau masukan yang diberikan,” jelasnya.

Pigai menjelaskan, beberapa rekomendasi sudah dijalankan di antaranya, ganti rugi biaya pengobatan bagi para korban. Dan pihak kepolisian pun sudah melakukan penyelidikan yang dipimpin langsung oleh pihak Kepala Bidang Propam.

适适

Check Also

Keluarga Kecewa Polisi Lamban Tangkap Pembunuh Hakim Tua

MEDAN, Waspada.co.id – Polsek Percut Seituan belum juga mengungkap kasus pembunuhan terhadap Hakim Tua Nababan, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.