Home / Aceh / Komisi VII Sampaikan Duka ke Korban Sumur Minyak Aceh Timur
Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu. (WOL Photo/Ist)

Komisi VII Sampaikan Duka ke Korban Sumur Minyak Aceh Timur

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi VII DPR RI menyampaikan rasa prihatin dan duka cita yang mendalam terhadap insiden meledaknya sumur minyak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Pasalnya, akibat terjadinya insiden pada akhir April 2018 itu, telah merenggut 23 nyawa, dan 35 orang menjalani perawatan intensif. Perlu diselidiki penyebab dari insiden itu, agar ke depannya ada langkah antisipasi, sehingga tidak terjadi lagi.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Jumat (11/5) kemarin, saat memimpin Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI menggelar pertemuan dengan Dirjen Migas, Dirjen Ketenagalistrikan, Dirjen Minerba, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, PT Pertamina, PT PLN, PT Inalum, BPH Migas, PT PGN, Kementerian Ristek dan Dikti RI, di Medan, Sumatera Utara.

“Kami merasa miris dengan kejadian minyak tumpah di Balikpapan beberapa waktu yang lalu, karena ada korban jiwa lima orang. Ternyata ada lagi kejadian sumur minyak meledak di Aceh Timur, bahkan korban jiwa sampai 23 orang. Untuk itulah,” kata Gus Irawan.

Gus mengatakan, pihaknya merasa penting untuk mengetahui apa penyebabnya. “Ini untuk kemudian mendorong agar ada jalan keluar, dan peristiwa seperti itu tidak terulang kembali di seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, dari penjelasan PT Pertamina, diketahui sumur minyak ini berkategori ilegal. Namun, negara harus tetap hadir, dan harus mencari solusi supaya kejadian serupa tidak terulang.

Menurutnya, jatuhnya korban sebanyak 23 korban merupakan pembelajaran, sehingga semua pihak perlu untuk berkontribusi, supaya hal itu tidak terjadi lagi. (wol/ags/min/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Gus Irawan: Harga Minyak Dunia Tahun Depan Tinggi

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, menyatakan asumsi harga minyak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: