_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Komisi VII Minta Pengelolaan Limbah B3 Sesuai Regulasi
WOL Photo/Ist

Komisi VII Minta Pengelolaan Limbah B3 Sesuai Regulasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawa Pasaribu meminta agar pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) oleh perusahaan harus sesuai dengan regulasi yang ada.

Pada umumnya, suatu perusahaan hanya menyalurkan limbah kepada pihak ketiga tanpa melalui tahap pengolahan awal, sehingga berakibat sering terjadinya pelanggaran aturan, yakni pembuangan limbah yang tidak terkontrol, kata dia saat dihubungi baru-baru ini.

Menurutnya, salah satu yang menjadi perhatian adalah aktivitas tambang (emas) sendiri menghasilkan limbah tailing (sisa tambang mineral) yang sangat besar. Dari 1 ton bijih yang diolah emas, yang dihasilkan paling hanya 3 gram emas. Limbahnya bisa dimanfaatkan menjadi beberapa produk material bangunan.

Sampai saat ini baru satu perusahaan BUMN, yakni PT Aneka Tambang UBPE Pongkor yang sudah melakukannya, ucap Gus Irawan Pasaribu. Banyak perusahaan yang merasa enggan membuat fasilitas pengelolaan lantaran mereka tidak mau mengikuti proses perizinan yang memang panjang, karena harus melalui beberapa pengujian.

Ketua Komisi VII DPR RI itu mengatakan sudah saatnya bagi pemerintah untuk mengubah proses panjang dari perizinan itu, mengingat sangat besarnya masalah limbah B3 yang telah terjadi.

“Melalui pembinaan untuk memudahkan proses perizinan serta pengelolaan limbah yang dapat bernilai ekonomi, perusahaan pasti akan tertarik untuk segera menerapkannya. Pengelolaan limbah B3 yang bernilai ekonomi itu bisa menciptakan peluang bisnis baru. Tentu akan bermanfaat untuk perusahaan dan juga diharapkan bermanfaat bagi warga sekitar. Baik dalam hal ekonomi ataupun lingkungan,” ujarnya

Sementara itu, dalam jawabannya kepada Komisi VII DPR-RI, pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tetap mendorong dengan tegas setiap bidang usaha yang menghasilkan limbah B3 untuk mengelola limbah dengan benar dan memantau distribusi pembuangannya. (wol/min/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Komisi VII Serahkan Revisi UU Minerba ke Pemerintah

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyerahkan nasib pembahasan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.