_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Komisi VII Ingatkan Industri Semen Indonesia Tingkatkan Proper
foto: istimewa

Komisi VII Ingatkan Industri Semen Indonesia Tingkatkan Proper

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi VII mengingatkan kepada seluruh industry semen di dalam negeri untuk meningkatkan tata kelola limbahnya. Terutama kepada PT Semen Indonesia yang telah berdiri sejak 30 tahun yang lalu di Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur dinilai positif dalam mengelola limbah, baik limbah dari emisi udara, air dan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Namun, saat ini, kata Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu yang membidangi energy dan lingkungan hidup, seperti PT Semen Indonesia ini hanya mendapat peringkat Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Hijau. Untuk itu, Komisi VII DPR RI mendorong industri semen memperoleh Proper Emas.

“Pabrik ini propernya terus naik dan pernah mendapat Proper Emas pada tahun 2011-2012. Kita harapkan agar Semen Indonesia bisa menaikan Propernya dari Hijau menjadi Emas kembali. Terkait hal itu manajemennya harus lebih ditingkatkan,” ucap Gus Irawan Pasaribu saat dihubungi di Jakarta, baru-baru ini.

Dulu, sambung politisi Partai Gerindra ini, pabrik semen pertama di Jatim yakni pabrik Semen Gresik yang berada di perkotaan. Pada waktu itu memang Gresik belum menjadi kota, sehingga ketika Gresik telah menjadi kota, pabrik tersebut dipindah ke Tuban dengan alasan pencemaran udara. Bahkan rumah penduduk di sekitar pabrik terkena debu yang tebal karena pencemaran udara tersebut.

“Karena merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pabrik Semen Indonesia di Tuban ini bisa menjadi contoh bahwa industri ini bisa mendapat Proper Emas, ini merupakan salah satu hal positif. Dan kami harap Corporate Social Responsibilty (CSR)-nya juga lebih bermanfaat untuk masyarakat yang ada di sekitar Tuban, terutama dalam meningkatkan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, ia melihat pabrik ini membutuhkan limbah B3 untuk ditampung dan dikelola menjadi bagian raw materials dari produk semen. Seperti contohnya sisa besi dari smelter, limbah rumah sakit, dan lain sebagainya. (wol/min/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Komisi VII Serahkan Revisi UU Minerba ke Pemerintah

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyerahkan nasib pembahasan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.