Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Komisi VII DPR Ingatkan Divestasi Freeport Tak Rugikan RI
WOL Photo/Ist

Komisi VII DPR Ingatkan Divestasi Freeport Tak Rugikan RI

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengatakan mendukung upaya pemerintah dan PT Inalum (Persero) untuk melanjutkan proses divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI) sebesar 51 persen dengan syarat tidak merugikan Indonesia. Dia mengingatkan agar pemerintah menggunakan upaya yang tidak merugikan Indonesia.

“Sebagai bangsa saya tetap mendukung upaya pemerintah, dan PT Freeport ini harus kita yang menguasai. Kita berharap upayanya elegan agar apa yang di khawatirkan selama ini tidak terjadi,” kata Gus Irawan Pasaribu melalui sambungan telepon, Rabu (25/7).

Politisi Gerindra ini berharap ada perspektif-perspektif lain dan plan B yang tetap harus dipersiapkan. Sebab sudah beberapa kali pembicaraan dan negosiasi seperti ini selalu mengalami kegagalan.

“Terasa sekali PT Freeport ini menjadi anak emas. Kita gampang sekali merubah peraturan-peraturan yang dibuat untuk menyesuaikan dengan keinginan PT Freeport. Saya paham, tentu saja Pak Dirjen selalu berusaha membuat yang terbaik untuk Indonesia, walaupun dalam tekanan yang luar biasa,” tambah Gus Irawan.

Dia mengatakan dalam rapat sebelumnya dengan Komisi VII disepakati tiga poin yang tertuang dalam kesimpulan rapat: Pertama Komisi VII DPR RI menerima penjelasan Dirjen Minerba Kementerian ESDM dan Dirut PT Inalum tentang divestasi saham PT Freeport Indonesia dan akan melakukan pendalaman lebih lanjut dalam Rapat Panitia Kerja Freeport.

Kedua, Komisi VII DPR RI mendukung upaya pemerintah dan PT Inalum (Persero) untuk melanjutkan proses divestasi saham PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen berdasarkan kepentingan bangsa Indonesia dan ketentuan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dan ketiga, Komisi VII DPR RI meminta Dirjen Minerba Kementerian ESDM RI dan Direktur PT Inalum (Persero) untuk memberikan jawaban tertulis atas seluruh pertanyaan Anggota Komisi VII DPR RI yang disampaikan paling lambat tanggal 30 Juli 2018. (wol/ags/min)

Editor: Agus Utama

Check Also

Penambangan Liar Masif, DPR Minta Solusi Komprehensif

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengaku prihatin atas musibah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: