_
Home / Warta / Politik / Kisruh Golkar berlanjut ke DPR
ISTIMEWA

Kisruh Golkar berlanjut ke DPR

JAKARTA, WOL  – Kisruh Partai Golkar terus meruncing. Sekarang tengah geger perebutan kekuasaan di Senayan. Kubu Agung Laksono ingin bersih-bersih orang-orang Aburizal Bakrie atau Ical.

Setelah disahkan oleh Kemenkum HAM, kubu Agung langsung gerak cepat. Agung telah menyiapkan 16 calon pimpinan komisi dan anggota kehormatan dewan (AKD) di DPR. Artinya, orang-orang Ical di DPRD akan disingkirkan.

Untuk nama-nama masih dirahasiakan. “Belum bisa dikasih tahu. Itu rahasia perusahaan. Kalau si A di tetap kan di komisi ini terus diubah lagi, kan kasihan,” kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Ancol, Agus Gumiwang  di gedung DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, kemarin.

Menurutnya, pihaknya kini tak punya keraguan untuk merombak fraksi di DPR. Surat Keputusan Menkum HAM yang diterima kemarin sudah melegalkan perombakan fraksi yang baru di bawah kepemimpinan Agung Laksono. “Sejak SK keluar tak ada keraguan lagi. Jadi yang legal adalah fraksi di bawah pimpinan Agung Laksono,” terang dia.

Tak hanya ingin merombak di jajaran fraksi, bahkan kubu Agung berencana mengganti ketua DPR yang kini ditempati Setya Novanto. Diketahui Setya adalah orang dekat Ical.

“Kami tak sembarangan menaruh orang. Kami punya syarat yaitu kompetensi dan kapabilitas. (Posisi ketua DPR) belum dibahas, jangan percaya argumen jika posisi Novanto atau ketua DPR itu aman,” ujarnya.

Kubu Ical tak mau diam saja. Ketua Fraksi Golkar Ade Komaruddin membantah terjadi pembelotan di internal fraksi Golkar. Dia yakin, 70 persen anggota fraksi Golkar masih setia menjadi loyalis Ical.

“Tidak benar ada yang ke sana (Golkar kubu Agung Laksono). 70 Persen masih bergabung dengan kami dan ada bukti tanda tangan di atas materai. Saya enggak akan buka apa yang mereka teken tapi yang jelas mereka teken di atas materai,” kata Ade.

Ade memastikan hanya ada 16 kader yang telah membelot ke kubu Agung Laksono. Oleh karena itu, ia akan mencopot 16 orang tersebut yang duduk di pimpinan komisi maupun Alat Kelengkapan Dewan (AKD). “Kami akan merotasi pimpinan AKD yang menyebrang. Esok hari akan dapat daftar orang-orang yang kami rotasi dalam rangka efektivitas kinerja Golkar,” tegasnya.

(dat06/ merdeka)

Check Also

Golkar Mantap Usung Idrus Jadi Menteri

JAKARTA, WOL – Politikus Partai Golkar Indra Bambang Utoyo menegaskan bahwa partainya telah yakin mengusung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.