_
Home / Warta / Mancanegara / Kisah WNI di Luar Negeri, Rela Tempuh 8.780 KM Demi Nyobolos
Ilustrasi (Shutterstock)

Kisah WNI di Luar Negeri, Rela Tempuh 8.780 KM Demi Nyobolos

TANZANIA, Waspada.co.id – Warga Negara Indonesia (WNI) berbondong-bondong mencoblos surat suara di Tanzania dan Hungaria.

Dikutip dari Antara, sebanyak 94 WNI masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di Tanzania, negara di Afrika Timur yang berjarak kurang lebih 8.780 kilometer dari Indonesia. Sebagian dari mereka mencoblos surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Dar es Salaam pada Sabtu (13/4).

Indah Paramita, salah satu WNI yang menggunakan hak pilihnya di TPS Dar es Salaam, merasa bahagia lantaran bisa menggunakan hak pilih.

“Meskipun jauh dari tanah air, tetapi Pemilu 2019 tetap bergema karena di KBRI Dar es Salaam suasananya sangat Indonesia, kekeluargaan dan meriah,” katanya.

Sementara itu Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) KBRI Dar es Salaam, Raksa Permana Ibrahim, juga memastikan keamanan surat suara serta berbagai persiapan lainnya — isu yang sempat menjadi sorotan setelah ditemukan surat suara tercoblos di Malaysia.

“Kami sudah memastikan bahwa hal-hal yang kami lakukan terpantau secara seksama melalui ketersediaan CCTV dalam pengawasan logistik serta surat suara yang berada di Dar es Salaam,” kata Raksa.

WNI di Tanzania mulai mencoblos sejak pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat. Penghitungan suara akan dilakukan pada 17 April, bersamaan dengan penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Selain Tanzania, pada hari yang sama, WNI di Hungaria juga menggunakan hak pilih. Mereka merayakan pesta demokrasi dengan PPLN Budapest yang memakai baju-baju tradisional daerah di Indonesia.

Pemilu yang diselenggarakan di Budapest dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga 18.00 sore. Para pemilih sangat antusias mengikuti pencoblosan tersebut.

Hal ini terbukti dengan sisa surat suara di tempat pemungutan suara (TPS) yang tidak sampai 25 persen walaupun waktu pemilu masih kurang lebih empat jam lagi.

WNI yang berada di luar negeri mencoblos pada tanggal 8-14 April, dengan masing-masing negara memiliki jadwal yang berbeda. Namun, seluruh suara akan dihitung berbarengan dengan pencoblosan di dalam negeri yaitu pada 17 April.

Total DPT luar negeri adalah 2.086.285 pemilih dengan nyaris separuhnya berada di Malaysia, yaitu 985 ribu pemilih. (cnn/data2)

Check Also

Perkosa Anak 12 Tahun, WNI Dicambuk dan Dibui 20 Tahun di Malaysia

SERAWAK, Waspada.co.id – Pengadilan Negeri Sibu, Serawak, Malaysia pada Rabu (8/5) kemarin menjatuhkan vonis 20 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: