Breaking News
Home / Fokus Redaksi / KIPP Menyayangkan Pejabat TNI-Polri Aktif Maju Pilkada
Sekjen KIPP, Kaka Suminta. (foto: Ist)

KIPP Menyayangkan Pejabat TNI-Polri Aktif Maju Pilkada

JAKARTA, WOL – Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta menyayangkan keikutsertaan sejumlah perwira TNI maupun Polri aktif dalam Pilkada Serentak 2018.

Kaka mengungkapkan, keterlibatan TNI/Polri aktif ke dalam pertarungan politik kepala daerah merupakan kemunduran dalam proses pendewasaan demokrasi di Indonesia.

Menurut dia, keikutsertaan petinggi TNI/Polri dalam pilkada tidak bertentangan dengan hukum. “Tapi jangan lupa, bahwa di atas hukum ada yang namanya etika. Sebagai seorang prajurit seharusnya para petinggi TNI/Polri itu dapat menjunjung tinggi etika,” kata Kaka Suminta, Kamis (28/12).

Ia menyebutkan, keikutsertaan TNI/Polri dalam pemilihan kepala daerah memiliki sejumlah resiko yang perlu diantisipasi. “Diantaranya adalah keterlibatan institusi atau lembaga terkait dengan pemenangan calon kepala daerah pada Pilkada serentak 2018 mendatang,” ujarnya.

Seperti diketahui, sejumlah nama perwira tinggi baik dikalangan TNI/Polri muncul ke permukaan jelang pendaftaran calon kepala daerah Pilkada serentak 2018.

Diantaranya adalah bakal calon Gubernur Sumatera Utara Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi, bakal calon Gubernur Maluku Utara, Kakorp Brimob Irjen Murad Ismail, dan bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat, mantan Kapolda Jawa Barat Anton Charliyan. (inilah/ags)

Check Also

KPU Akan Umumkan Caleg Eks Terpidana Korupsi Melalui Website

JAKARTA, Waspada.co.id – KPU akan mengumumkan 40 nama calon anggota legislatif yang merupakan mantan narapidana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: