Home / Warta / Mancanegara / Kim Jong Un “Terima Kasih Trump”
kim jong un (dok. the Independent)

Kim Jong Un “Terima Kasih Trump”

PYONGYANG, Waspada.co.id – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyebut pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo berlangsung “produktif dan baik”. Hasil dari pertemuan yang berlangsung Minggu (7/10) itu, kedua negara sepakat akan melangsungkan pertemuan lanjutan Kim dan Presiden AS Donald Trump sesegera mungkin.

“Kim Jong-un mengekspresikan kepuasan atas pembicaraan yang produktif dan baik dengan Mike Pompeo, di mana kedua pihak saling mengerti dan bertukar pendapat,” tulis kantor berita Korut KCNA, Senin (8/10).

Koran Korut, Rodong Sinmun, menampilkan delapan foto pertemuan Kim dan Pompeo di halaman depan, termasuk beberapa foto yang menunjukkan kehadiran saudara perempuan Kim, Kim Yo Jong.

“Bersama dengan Mike Pompeo, Kim Jong Un menghargai perkembangan positif situasi di Semenanjung Korea, penjelasan detail proposal untuk solusi isu deknuklirisasi dan hal-hal yang menjadi perhatian kedua pihak dan bertukar opini konstruktif,” tulis KCNA.

Kim mengatakan bahwa ia percaya dialog antara kedua negara akan terus berlanjut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Trump karena telah mengupayakan implementasi kesepakatan yang mereka buat saat bertemu di Singapura pada Juni lalu.

Pompeo sendiri mengatakan bahwa kunjungan keempatnya ke Pyongyang ini merupakan langkah lanjut denuklurisasi dan menekankan bahwa masih banyak yang harus dilakukan.

Kunjungan Pompeo ke Pyongyang terjadi di tengah sinyal negatif dari Korut untuk memenuhi tuntutan AS terhadap inventaris lengkap senjata nuklir Korut dan senjata yang berpotensi mengancam AS.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Kemenlu AS Heather Nauert mengatakan Kim telah mengundang pengawas untuk mengunjungi pembangkit nuklir Punggye-ri untuk mengonfirmasi bahwa pembangkit itu sudah tidak aktif.

Sebelumnya, Pompeo berkunjung ke Pyongyang pada Juli silam, namun tidak bertemu Kim. (cnn)

Check Also

Kremlin Pastikan Pertemuan Trump dan Putin di G20

BUENOS AIRES, Waspada.co.id – Kremlin memastikan pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: